PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI DENGAN APLIKASI POWTOON BERBASIS ETNOSAINS MATERI BIOTEKNOLOGI PADA KELAS IX SMP/MTs

Annisa, Rahmawati (2021) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI DENGAN APLIKASI POWTOON BERBASIS ETNOSAINS MATERI BIOTEKNOLOGI PADA KELAS IX SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ANISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini pelajaran IPA masih dianggap sebagai pelajaran hafalan yang monoton karena hasil belajar IPA belum memuaskan. Oleh karena itu, Pembelajaran harus dibuat semenarik mungkin dan mengikuti perkambangan zaman. Disamping itu unsure budaya tetap dikenalkan kepada siswa bersamaan dengan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk menghasilkan produk berupa video animasi berbantuan aplikasi powtoon berbasis etnosains sebagai media pembelajaran untuk Siswa SMP/MTs yang mudah dipahami dan mengetauhi respon dari siswa terhadap media pembelajaran media Powtoon pada proses pembelajaran. Penelitian dan pengembagan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi : Analysis, Design, Development, Implemention, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP IT Bustanul Ulum. Data penelitian diperoleh dengan validasi materi terhadap media pembelajaran berbatuan powtoon termasuk kedalam kriteria ―Sangat layak‖ dengan nilai rata-rata sebesar 3,53. Penilaian ahli media terhadap media pembelajaran berbatuan powtoon ini termasuk kedalam kriteria ―Sangat layak‖ dengan nilai rata-rata sebesar 3,46. Dan Penilaian ahli bahasa terhadap media pembelajaran berbatuan powtoon ini termasuk termasuk kedalam kriteria ―Sangat layak‖ dengan nilai rata-rata sebesar 3,82. Pada uji coba skala kecil yang diikuti oleh 15 siswa kelas IX A memperoleh hasil yaitu 3,43. Berdasarkan hasil angket respon yag telah diisi oleh siswa, hasil ini menempatkan media pembelajaran berbantuan powtoon pada kriteria ―sangat menarik‖. Pada uji coba lapangan skala besar yang diikuti oleh 30 siswa kelas IX B memperoleh hasil yaitu 3,62 kemenarikan yang diperoleh yaitu pada kriteria ―sangat menarik‖. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Vidio animasi dengan aplikasi powtoon berbasis etnosains pada meteri Bioteknologi siswa IX SMP/MTs layak untuk digunakan sebagai alat batu proses pembelajaran. Kata Kunci : Vidio Animasi, Powtoon, Etnosains, Bioteknologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:43
Last Modified: 28 Sep 2021 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15876

Actions (login required)

View Item View Item