PENGARUH MODEL MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF REGULATION PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MATA PELAJARAN BIOLOGI

DEA, CHRESTELLA (2021) PENGARUH MODEL MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF REGULATION PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Dea Revisi Munaqosah ok cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang ditemukan di SMAN 15 Bandar Lampung yakni kegiatan pembelajaran berlangsung tidak sistematis dan hanya diberikan tugas. Selain itu, pendidik dalam kegiatan pembelajaran banyak menjelasan materi sehingga tidak ada kesempatan untuk peserta didik mengembangkan self regulation dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat pengaruh model multipel representasi pada kemampuan berpikir kritis dan self regulation peserta didik. Metode yang dipakai yakni quasi exsperiment design dengan pengambilan teknik sampel penelitian yakni teknik cluster random sampling. Adapun desain eksperimennya berupa Pretest-Posttest Control Grup Design. Keterbaruan berupa variabel terikat yang digunakan yakni kemampuan berpikir kritis dan self regulation. Hasil penelitian berupa (1) Model multipel representasi berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan self ( ). regulation berdasarkan uji manova nilai signifikansi (2) Model multipel representasi dapat menaikkan kemampuan berpikir kritis dan self regulation dalam kegiatan pembelajaran biologi berdasarkan hasil uji between Subject Effects yakni 0,000 dan 0,000 yang artinya hipotesis diterima. Kata Kunci: Kemampuan Berfikir Kritis, Model Multipel Representasi, Self Regulation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:32
Last Modified: 28 Sep 2021 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15875

Actions (login required)

View Item View Item