TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG PENGELOLAAN RUANG TERBUKA HIJAU DI KECAMATANKEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung)

YURNEDI, YURNEDI (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG PENGELOLAAN RUANG TERBUKA HIJAU DI KECAMATANKEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ruang terbuka hijau merupakan bagian dari penataan ruang perkotaan yang berfungsi sebagai kawasan lindung. Kawasan hijau kota terdiri atas pertamanan kota, kawasan hijau hutan kota, kawasan hijau rekreasi kota, kawasan hijau kegiatan olahraga, dan kawasan hijau pekarangan, Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 05 Tahun 2008 tentang PenataanRuang Terbuka Hijau di Wilayah Perkotaan, ruang terbuka hijau adalah ruang-ruang dalam kota atau wilayah yang lebih luas, baik dalam bentuk kawasan maupun dalam bentuk area memanjang atau jalur dimana dalam penggunaannya lebih bersifat terbuka pada dasarnya tanpa bangunan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pengelolaan ruang terbuka hijau di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung? dan bagaimana tinjauan hukumPositif tentang pengelolaan ruang terbuka hijau di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung?. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) khususnya ruang terbuka hijau di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa didalam pengelolaan ruang terbuka hijau di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung sudah sesuai dengan tinjauan hukum Islam, karena agama sebagai sumber nilai dapat merubah alam menjadi suatu sumber kehidupan yang positif bagi masyarakat sekitar dengan adanya ruang terbuka hijau di Kecamatan Kemiling Kota

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:05
Last Modified: 27 Sep 2021 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15869

Actions (login required)

View Item View Item