UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BUMIRATU NUBAN LAMPUNG TENGAH

Ristia, Purwaningrum (2021) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BUMIRATU NUBAN LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of CVR BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RISTIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BUMIRATU NUBAN LAMPUNG TENGAH OLEH RISTIA PURWANINGRUM Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya meningkatkan percaya diri melalui konseling kelompok dengan teknik Assertive Training untuk pada peserta didik kelas VIII di SMPN Bumiratu Nuban yang dilakukan oleh guru BK. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode yaitu kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber, sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Teknik analisis data terdiri atas sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII yang sebelumnya memiliki percaya diri yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training dalam meningkatkan percaya diri peserta didik di SMP Negeri Bumiratu Nuban Lampung Tengan terdapat langkah-langkah dalam melaksanakannya yaitu melakukan langkah pra tindakan, menyusun rencana dan menyiapkan tindakan yang akan dilakukan Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik Assertive Training yang dilakukan oleh guru BK dimulai dengan pertama, guru Bk mengidentifikasi siswa yang mengalami masalah kurang percaya diri melalui angket, informasi yang didapat dari guru mata pelajaran dan konseling individu yang dilakukan sebelumnya. Kedua, guru BK mendapatkan data siswa yang kurang percaya diri. Ketiga, guru BK mengetahui latar belakang keluarga siswa yang kurang percaya diri melalui informasi dari wali kelas atau guru mata pelajaran. Keempat guru BK memberikan dorongan berupa kata-kata motivasi dan pemberian iicontoh kepada siswa yang kurang percaya diri serta mengikutsertakan siswa kegiatan ekstrakurikuler sebagai upaya guru BK untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Proses pemberian layanan konseling assertive training berjalan secara efektif dimana pada hasil akhirnya dapat meningkatkan percaya diri pada peserta didik. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Percaya Diri, Teknik Assertive Training

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:24
Last Modified: 27 Sep 2021 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15866

Actions (login required)

View Item View Item