MANAJEMEN SARANA DAN PRASANA DI MAN 2 LAMPUNG UTARA

Septi, Nur Laili (2021) MANAJEMEN SARANA DAN PRASANA DI MAN 2 LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SEPTI NUR LAILI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap madrasah memiliki sarana dan prasarana baik itu memadai atau tidak memadai. Sarana dan prasarana tersebut perlu didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pemebelajaran. Pengelolaan ini dimaksud dalam menggunakan sarana dan prasarana bisa berjalan secara efektif dan efesien. Objek utama dalam lembaga pendidikan yaitu sarana dan prasarana karena peran dari sarana dan prasarananya, karena peran dari sarana dan prasarana itu sendiri memilki peran yang penting dalam proses pembelajaran di ranah pendidikan. Dalam pengelolaan sarana dan prasarana itu sendiri dibutuhkan manajemen yang baik. Maka penelitian skripsi ini berbicara tentang bagaimana manajemen sarana dan prasarana untuk mengetahui mulai dari komponen perencanaan, pengadaan, penginventrarisasi, penyimpanan, pemeliharaan dan penghapusan. Penelitian skripsi ini menggunakan metode pendekataan kualitatif, objek penelitian adalah MAN 2 Lampung Utara. Dalam tehnik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan uji keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukan bahwa dalam tahap perencanaan sudah terlaksana walaupun belum secara maksimal, dari segi pengadaaan sudah merelasasikan sarana dan prasrana sesuai dengan kebutuhan madrasah, selanjutnya tahap inventasrisasi dengan melakukan pencatatan di buku inventaris dan memberikan kode setiap barang milik madrasah. Selanjutnya dalam penyimpanan sarana dan prasrana semua telah di simpan sesui dengan fungsinya masing- masing. Pada tahap pemeliharaan dilakukan oleh seluruh warga madrasah dalam merawat, mejaga dan memelihara barang yang diadakan dan di lakukan pergantian barang jik barang tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi. Dan terkahir pada pengahpu sansarana dan prasarana dilakukan dengan membuat laporan penghapusan, jika sarana dan prasarana berasal dari dana BOS dan belum cukup masanya atau belum habis masa kan disimpan terlbih dahulu, namun jika sarana dan prasarana tersebut berasal dari dana sekolahan maka langsung mengjukan laporan tanpa ada menentukan waktu/batasan waktu Berdasarkan enam indicator tersebut telah terlaksanakan sesuai dengan prosedur walaupun masih sederhanakan dalam menunjang proses pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:35
Last Modified: 27 Sep 2021 02:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15860

Actions (login required)

View Item View Item