ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN EMAS PT PEGADAIAN (PERSERO) CABANG SYARIAH TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH (Studi Kasus Pada PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Raden Intan Bandar Lampung)

Supriono, Hamdan (2017) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN EMAS PT PEGADAIAN (PERSERO) CABANG SYARIAH TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH (Studi Kasus Pada PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Raden Intan Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Semakin berkembang lembaga keuangan baik bank maupun non bank di Indonesia akan mendorong pihak lembaga keuangan untuk selalu mengoptimalkan kegiatan pemasaranya. salah satunya adalah PT Pegadaian Syariah dalam menghadapi persaingan adalah dengan menyediakan produk dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di masa yang akan datang, salah satunya adalah dengan menyediakan produk tabungan, tabungan emas merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau, tabungan emas ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas. Sebagai produk baru dari Pegadaian maka perlu adanya strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan jumlah nasabah. Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pada produk tabungan emas di PT Pegadaian Syariah terhdap peningkatan jumlah nasabah dan bagaimana strategi pemasaran produk tabungan emas PT Pegadaian Syariah terhadap peningkatan jumlah nasabah. Dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam memasarkan produk tabungan emas pada PT Pegadaian Syariah dan untuk mengetahui tentang strategi pemasaran produk tabungan emas pada PT Pegadaian Syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan data sekunder dan pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode anlisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi pemasaran produk tabungan emas dari diferensiasi dalam memberi pelayanan dan informasi cukup memuaskan untuk sasaran dan nasabah produk tabungan emas. Dari aspek marketing mix, produk yang ditawarkan sangat variatif sesuai dengan kebutuan masyarakat untuk masa sekarang dan masa yang akan datang, sedangkan dari harga sangat murah dan fleksibel untuk melakukan transaksi. Untuk lokasi mudah untuk dijangkau, sedangkan promosi menggunakan personal selling, periklanan melalui televisi koran internet brosur dan lain-lain, publisitas dengan presentasi pada kegiatan-kegiatan seperti pengajian, melakukan sosialisasi ke sekolah dan lembaga publik lainya. Promosi penjualan dengan memberikan bebas adminitrasi pada acara-acara tertentu. Seorang marketing syariah di Pegadaian di Bandar Lampung mempunyai sifat teistis (rabbaniyah), etis (akhlaqiyyah), Realistis (al-waqiyyah), dan humanistis (insaniyayah) dalam memasarkan produk tabungan emas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Oct 2017 03:44
Last Modified: 16 Oct 2017 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1586

Actions (login required)

View Item View Item