PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM BERBANTUAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KETERAMPILAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK

YOLANDA, BARETI HERMANTO (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM BERBANTUAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KETERAMPILAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of bab I-II-dapus.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of abstrak.pdf] PDF
Download (344kB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman akan suatu konsep sangat berkontribusi untuk memahami konsep berikutnya dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di MTs Ma’arif NU 14 Sidorejo ,hasil tes pada pra penelitian masih tergolong rendah, maka dari itu, terlihat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran PAKEM berbantuan problem posing ditinjau dari keterampilan metakognitif peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan hasil pemahaman konsep matematis peserta didik berdasarkan model pembelajaran (2) ada tidaknya perbedaan hasil pemahaman konsep matematis berdasarkan keterampilan metakognitif peserta didik serta (3) ada tidaknya interaksi penggunaan model pembelajaran dengan keterampilan metakognitif dalam menentukan hasil pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-experimental design dengan bentuk posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Ma’arif NU 14 Sidorejo, dengan teknik simple random sampling terpilih kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh dari instrumen tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Data hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan keterampilan metakognitif di analisis dengan menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh (1) sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat perbedaan hasil pemahaman konsep matematis peserta didik berdasarkan model pembelajaran, (2) sehingga diterima dengan kesimpulan tidak terdapat perbedaan hasil pemahaman konsep matematis berdasarkan keterampilan metakognitif peserta didik, dan (3) sehingga diterima dengan kesimpulan tidak terdapat interaksi penggunaan model pembelajaran dengan keterampilan metakognitif dalam menentukan hasil pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: PAKEM, Problem Posing, Keterampilan Metakognitif, Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:14
Last Modified: 24 Sep 2021 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15856

Actions (login required)

View Item View Item