EKSPERIMENTASI KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU KONSUMTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

Tan, nisah (2021) EKSPERIMENTASI KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU KONSUMTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TANNISAH.pdf] PDF
Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring perkembangan zaman yang modern, dapat memberi pengaruh terhadap perilaku konsumtif seseorang. Saat ini semakin banyak pusat perbelanjaan dan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih untuk memasarkan suatu produk, baik secara online maupun offline, hal ini terjadi dimana salah satu peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Bandar Lampung dalam membeli suatu produk atau barang yang berlebihan. . Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa konseling individu dengan teknik self management dapat mereduksi perilaku konsumtif peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil menunjukkan adanya perubahan dengan penurunan perilaku konsumtif yang ditunjukkan oleh FO. Pada fase baseline A1, terlihat perilaku konsumtif FO meningkat. Pada fase intervensi B, diberikan perlakuan dengan tahap-tahap teknik self management yang menunjukkan hasil pengurangan perilaku konsumtif pada FO. Kemudian diberikan pengamatan kembali pada fase baseline A2 tanpa diberikannya intervensi dan menunjukkan hasil penurunan yang stabil. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa perilaku konsumtif pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Bandar Lampung dapat dikurangi dengan menggunakan teknik self-management.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:09
Last Modified: 24 Sep 2021 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15854

Actions (login required)

View Item View Item