PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU

NOVANA, MELATI (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI NOVANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Variabel independen yang diteliti adalah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan variabel dependen yakni Akhlak Siswa. Populasi penelitian adalah peserta didik SMA Negeri 1 Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Tehnik pengambilan sampel yaitu secara acak (random sampling) menggunakan rumus slovin maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 orang siswa. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis (uji t), uji korelasi product moment, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Ambarawa. Dari hasil korelasi product moment yang peneliti lakukan diketahui nilainya sebesar 0,288 yang artinya adalah terdapat hubungan antara kedua variable tersebut dan nilai korelasi termasuk dalam kategori pengaruh rendah. Dengan perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebanyak 8,3% pengaruh antara kedua variable. Kata Kunci :Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Akhlak Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:27
Last Modified: 23 Sep 2021 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15849

Actions (login required)

View Item View Item