PENGARUH MODAL DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pedagang Grosir Pakaian Di Pasar Tengah Bandar Lampung

Nining, Rohmawati (2021) PENGARUH MODAL DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pedagang Grosir Pakaian Di Pasar Tengah Bandar Lampung. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI NINING ROHMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia merupakan salah satu prioritas dalam pengembangan ekonomi nasional, selain karena UMKM menjadi tulang punggung sistem ekonomi kerakyatan yang tidak hanya ditujukan mengurangi masalah kesenjangan antar golongan pendapatan dan antar pelaku usaha, ataupun pengentasan kemiskinan dan penyerapan tenaga kerja, UMKM juga akan memperluas basis ekonomi dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempercepat struktural, yaitu meningkatkan perekonomian daerah dan ketahanan ekonomi nasional. Sektor perdagangan terdapat diberbagai kabupaten/kota, salah satunya terletak di Kota Bandar Lampung. Kota Bandar Lampung adalah sebuah kota di Indonesia sekaligus ibukota dan kota terbesar di Provinsi Lampung. Oleh karena itu, selain merupakan pusat kegiatan pemerintahan, sosial, politik, pendidikan, dan kebudayaan, kota ini juga merupakan pusat kegiatan perekonomian daerah Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh modal dan tingkat pendidikan terhadap pendapatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) secara parsial maupun simultan, serta bagaimana pengaruh modal dan tingkat pendidikan terhadap pendapatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di pasar Tengah Bandar Lampung dalam Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal dan tingkat pendidikan terhadap pendapatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) secara parsial maupun simultan, dan untuk mengetahui pengaruh modal dan tingkat pendidikan terhadap pendapatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Pasar Tengah Bandar Lampung menurut Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer dan juga data sekunder.Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengisian kuesioner dilakukan secara self administered questionare yaitu responden menjawab sendiri kuesioner yang telah dibuat peneliti. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan software komputer SPSS22. Hasil analisis menunjukkan bahwa Secara parsial, variabel modal berpengaruh positif signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 atau (<5%), dan nilai signifikansi variabel tingkat pendidikan sebesar 0,308 atau (>5%) yang artinya tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Pasar Tengah Bandar Lampung.Secara simultan modal dan tingkat pendidikan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 atau (<5%) yang berarti secara bersama-sama modal dan tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Pasar Tengah Bandar Lampung. Dalam perspektif ekonomi Islam, pendapatan yang diperoleh haruslah berdasarkan syariat Islam, sedangkan dalam penelitian ini, belum sepenuhnya sejalan dengan syariat Islam, dimana modal masih hasil pinjaman dari bank-bank konvensional atau mengandung riba. Kata Kunci: Modal, Tingkat Pendidikan, dan Pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:17
Last Modified: 23 Sep 2021 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15846

Actions (login required)

View Item View Item