KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM ASSALAM BANDAR LAMPUNG

Oepyt, Risky Laelatuzzahro (2021) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM ASSALAM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Oepyt Risky Laelatuzzahro.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor penting bagi keberhasilan lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional khususnya pembelajaran. Dengan adanya kepemimpinan yang efektif mampu memberi kontribusi bagi peningkatan perkembangan dan kemajuan kegiatan di suatu sekolah dalam hal ini adalah program Tahfidz al-Qur‘an. Disinilah perlunya kepemimpinan kepala dalam program Tahfidz al-Qur‘an di SD Islam Assalam Bandar Lampung. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti kepemimpinan kepala sekolah program Thfidz al-Qur‘an di SD Islam Assalam Bandar Lampung. Dengan demikian rumusan masalah yang penulis kemukakan adalah ―Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam menggerakan, mengarahkan, menjalin komunikasi, dan memotivasi dalam pengelolaan program tahfidz al-Qur‘an di SD Islam Assalam Bandar Lampung?‖. Tujuan penelitian ini mengungkapkan kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan program tahfidz al-Qur‘an di SD Islam Assalam Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan ilmu pendidikan dan kepemimpinan. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh langsung dari responden dari kepemimpinan kepala madrasah yaitu dengan analisisa data. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber atau metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan program tahfidz al-Qur‘an di SD Islam Assalam Bandar Lampung sudah terlaksana, dibuktikan dengan : menggerakan, mengarahkan, menjalin komunikasi dan motivasi kepada guru,pembina tahfidz dan juga peserta didik dalam pelaksanaan program yang menjadikan program tahfidz dapat berjalan dengan baik. di buktikan dengan banyaknya peserta didik yang dapat mencapai target hafalan Al-Qur‘annya. Kesimpulan penelitian ini, kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan program tahfidz al- Qur‘an di SD Islam Assalam Bandar Lampung dalam kepemimpinan kepala sekolah yang man selalu menggerakan, mengarahkan , menjalin komunikasi dan juga memberi motivasi kepada guru, pembina tahfidz dan juga peserta didik telah sesuai dengan tujuan dari program tahfidz ini yaitu demi mewujudkan visi dan misi sekolah. Dalam wawancara kepala sekolah melakukan beberapa hal dalam pengelolaan program tahfidz al-Qur‘an yaitu dengan kemampuanya yaitu : kemampuan menggerakan, kemapuan memberi arahan, kemampuan komunikasi, dan kemampuan memotivasi. Kata kunci : Kepemimpinan, kepala sekolah, tahfidz Al-Qur’an iiiABSTRACT Principal leadership is an important factor for the success of educational institutions in achieving national education goals, especially learning. With effective leadership able to contribute to the improvement of the development and progress of activities in a school in this case is the Tahfidz al-Qur'an program. This is where the need for head leadership in the Tahfidz al-Qur'an program at SD Islam Assalam Bandar Lampung. So the authors are interested in researching the leadership of the principal of the Thfidz al-Qur'an program at SD Islam Assalam Bandar Lampung. Thus the formulation of the problem that the author puts forward is "How is the leadership of the principal in mobilizing, directing, communicating, and motivating in the management of the tahfidz al-Qur'an program at Assalam Islamic Elementary School Bandar Lampung?". The purpose of this study is to reveal the leadership of the principal in managing the tahfidz al-Qur'an program at SD Islam Assalam Bandar Lampung. This research is a field research with a science education and leadership approach. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. Data obtained directly from respondents from the leadership of the madrasah principal, namely by data analysis. Meanwhile, the validity of the data was tested by observation and triangulation. The triangulation used in this research is source or method triangulation. Based on the results of the study, it can be concluded that the principal's leadership in managing the tahfidz al-Qur'an program at SD Islam Assalam Bandar Lampung has been implemented, as evidenced by: mobilizing, directing, establishing communication and motivation to teachers, tahfidz coaches and also students in implementing the program. which makes the tahfidz program run well. This is proven by the number of students who can achieve the target of memorizing the Qur'an. The conclusion of this study, the leadership of the principal in managing the tahfidz al-Qur'an program at SD Islam Assalam Bandar Lampung in the leadership of the principal who always moves, directs, establishes communication and also motivates teachers, tahfidz coaches and also students is in accordance with with the aim of this tahfidz program, namely to realize the vision and mission of the school. In the interview the principal did several things in managing the tahfidz al-Qur'an program, namely with his abilities, namely: the ability to move, the ability to give direction, communication skills, and the ability to motivate. Keywords: Leadership, principal, tahfidz Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:46
Last Modified: 23 Sep 2021 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15837

Actions (login required)

View Item View Item