PENGARUH MEDIA PERMAINAN PUZZLE HURUF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA DINI DI TK IT MEKARSARI NATAR

Lintang, Febyarum (2021) PENGARUH MEDIA PERMAINAN PUZZLE HURUF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA DINI DI TK IT MEKARSARI NATAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Lintang Febyarum.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bahasa menjadi salah satu aspek yang diperhatikan dalam proses perkembangan anak. Oleh karena itu, melatih kemampuan anak untuk menggunakan bahasa dengan baik dan benar sejak dini menjadi kewajiban bagi lingkungan di sekitar anak tersebut agar anak mampu mengekspresikan dirinya dengan baik. Pengembangan bahasa anak dapat memudahkan untuk mengungkapkan pikiran dan dapat berkomunikasi secara efektif. Pada anak usia 4-5 tahun indikator pencapaian perkembangan keaksaraan yang harus dikuasai adalah mengenal simbol-simbol, mengenal suara-suara hewan atau benda yang ada di sekitarnya, membuat coretan yang bermakna, meniru (menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z. Pembelajaran literasi dasar sangat penting untuk anak usia dini dalam mencapai tugas perkembangan bahasanya sehingga mempengaruhi perkembangan selanjutnya di masa mendatang. Literasi didefinisikan sebagai kemampuan yang berkaitan dengan membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Perkembangan literasi pada individu dapat berkembang seumur hidup, tetapi dasar perkembangan literasi dimulai sejak usia dini. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan selama kegiataan prapenelitian, bahwa masih sebagian anak dikelas B1 pada kemampuan literasi belum sepenuhnya berkembang. Hal ini ditandai dengan anak-anak masih belum mengenal literasi, dan juga rasa antusiasme dalam kegiataan literasi masih belum sepenuhnya muncul. Yaitu dengan ditandai dengan anak-anak yang banyak diam ketika kegiataan bermain huruf berlangsung didalam kelas. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, maka peneliti menyimpulkan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh media permainan puzzle huruf terhadap kemampuan literasi pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan literasi anak usia dini dikelas B1 selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di Tk IT Mekarsari Natar. Jenis metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu jenis penelitian kuantitatif dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing terdapat 30 peserta didik, dengan tahap pretest dan postest. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah mengolah hasil data yang diperoleh untuk mengetahui pengaruh antara permainan puzzle huruf terhadap kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, maka dari analisis dapat disimpulkan bahwa telah terdapat pengaruh dari Media Permainan puzzle huruf terhadap kemampuan literasi pada anak usia dini di TK Makarsari Natar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis, bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. nilai Sig. (2-tailed) ini lebih kecil dari 0,05 (5%), yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Metode puzzle huruf berpengaruh terhadap pengembangan kemampuan literasi anak pada kelompok eksperimen. Rata-rata nilai dari postteset kelompok kontrol adalah 1.643 dan hasil dari kelompok eksperimen adalah 2.087 dari jumlah responden kelas B1 dan B2 kedua nilai dari perbandingan tersebut telah dapat dilihat perbandingannya yang mana nilai rata rata dari posttest kelompok kelas exsperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata posttest kelompok kelas kontrol. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dari Media Permainan puzzle huruf terhadap kemampuan literasi pada anak usia dini di TK Makarsari Natar. Kata Kunci : Kemampuan Literasi, Media Permainan Puzzle Huruf iiABSTRACK Language is one aspect that is considered in the process of child development. Therefore, training a child's ability to use language properly and correctly from an early age becomes an obligation for the environment around the child so that the child is able to express himself well. Children's language development can make it easier to express thoughts and be able to communicate effectively. For children aged 4-5 years, the indicators of literacy development achievement that must be mastered are recognizing symbols, recognizing the sounds of animals or objects around them, making meaningful scribbles, imitating (writing and saying) the letter AZ. Learning basic literacy is very important for early childhood in achieving the task of language development so that it affects further development in the future. Literacy is defined as the ability related to reading, writing, listening and speaking. The development of literacy in individuals can develop throughout life, but the basis of literacy development begins at an early age. Based on the results of observations made by researchers during pre-research activities, there are still some children in class B1 whose literacy skills have not yet fully developed. This is indicated by the fact that children are still not familiar with literacy, and also a sense of enthusiasm in literacy activities has not yet fully emerged. That is marked by children who are silent when the activity of playing letters takes place in the classroom. Based on these problems, the researcher concludes the formulation of the problem in this study, namely is there any influence of letter puzzle game media on literacy skills in early childhood. This study aims to determine the development of early childhood literacy in class B1 during the learning process. This research was conducted at the IT Mekarsari Natar Kindergarten. The type of research method carried out by the researcher is the type of quantitative research with an experimental class and a control class. This research was carried out with two classes, namely the experimental class and the control class, each of which had 30 students, with pretest and posttest stages. The data analysis technique used in this study was to process the results of the data obtained to determine the effect of the letter puzzle game on literacy skills in children aged 5-6 years using SPSS. Based on the results of data analysis and hypothesis testing, from the analysis it can be concluded that there has been an influence of the letter puzzle game media on literacy skills in early childhood in Makarsari Natar Kindergarten between the experimental group and the control group. This is evidenced by the results of hypothesis testing, that the value of Sig. (2-tailed) of 0.000. value Sig. (2-tailed) is smaller than 0.05 (5%), which means Ho is rejected and Ha is accepted. The letter puzzle method affects the development of children's literacy skills in the experimental group. The average value of the control group posttest is 1,643 and the results of the experimental group are 2,087 of the number of respondents in class B1 and B2. the average posttest of the control class group. Therefore, it can be concluded that there is an influence of the letter puzzle game media on literacy skills in early childhood in Makarsari Natar Kindergarten. Keywords: Literacy Ability, Letter Puzzle Game Media

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:54
Last Modified: 23 Sep 2021 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15831

Actions (login required)

View Item View Item