PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK IPA TERPADU BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VI SD/MI

WULAN, OCTI PRATIWI (2021) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK IPA TERPADU BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VI SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (16MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL WULAN OKTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pelajaran dan meningkatkan produktifitas belajar yang efektif di era digital yang mengembangkan bahan ajar berupa modul elektronik IPA Terpadu berbasis pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif Peserta Didik kelas VI SD/MI menggunakan aplikasi 3D Page Flip Profesional pada tema tokoh dan penemuannya materi energi listrik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Teknik pngumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode angket dan metode tes. Pada tahap validasi melibatkan 6 subjek validator yang terbagi atas validator ahli materi, validator ahli bahasa dan validaator ahli media. Penilaian kelayakan desain menggunakan lembar validasi tahap uji coba melibatkan 10 peserta didik uji coba skala kecil, 30 peserta didik pada uji coba skala besar dan uji coba skala perbandingan 30 peserta didik.yang dinilai oleh 4 orang guru dilibatkan untuk melihat keefektifan elektronik modul. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kelayakan modul elektronik oleh ahli bahasa mencapai nilai rata-rata 4,2 dengan presentase nilai sebesar 82% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. nilai kelayakan modul elektronik berdasarkan hasil penilaian ahli materi mencapai nilai rata-rata sebesar 3,95 dengan presentase nilai sebesar 79% termasuk dalam kategori “Layak”, sedangkan nilai kelayakan modul elektronikberdasarkan hasil penilaian ahli media mencapai nilai rata-rata 4 dengan presentase nilai sebesar 81%. Hasil uji coba lapangan modul elektronik IPA Terpadu diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,5% dengan presentase nilai sebesar 90 %, dalam kategori “Sangat Menarik” sedangkan hasil respon pendidik terhadap penggunaan modul elektronik IPA Terpadu berbasis pendekatan STEM mencapai nilai rata-rata sebesar 4,21 dengan presentase nilai sebesar 84% dalam kategori “Sangat Layak” dan uji effect size terhadap modul elekronik IPA Terpadu berbasis pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif PESERTA DIDIK kelas VI SD/MI mencapai nilai rata-rata sebesar 0,7 yakni dalam kategori “Sedang”. Kata kunci: Modul Elektronik, Pendekatan STEM, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Sep 2021 04:57
Last Modified: 22 Sep 2021 04:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15823

Actions (login required)

View Item View Item