PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESIONAL CS6 BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII

ERFINA, DAMAYANTI (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESIONAL CS6 BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Cetak Skripsi Erfina Damayanti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash Profesional CS6 berbasis RME pada materi lingkaran SMP. Untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap multimedia interaktif menggunakan adobe flash profesional cs6 berbasis realistic mathematic education (RME). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian reseach and development dengan model penelitian ADDIE ( Analisys, Desaign, Development, Implementation, dan Evaluation ). Pada tahap development melibatkan 8 validator ( empat validator ahli materi dan empat validator ahli media) untuk menilai kelayakan materi dan media yang baik dan benar. Tahap Implementation melibatkan 75 peserta didik ( 20 peserta didik uji coba kelompok kecil dan 55 peserta didik uji coba kelompok besar). Penilaian kemenarikan bahan ajar multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash Profesional CS6 berbasis RME pada materi lingkaran menggunakan angket yaitu angket validator dan angket peserta didik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komulatif berbantuan Adobe Flash Profesional CS6. Hasil validasi ahli materi dari 4 validator menunjukan bahwa secara keseluruhan produk memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,5 dan hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6. Sementara uji coba kelompok kecil dari 10 peserta didik SMP Islam El-Shihab Bandar Lampung diperoleh hasil kemenarikan multimedia interaktif dengan nilai rata-rata sebesar 3,8 dan SMP Al-Huda Jati Agung diperoleh hasil kemenarikan bahan ajar dengan nilai rata-rata 3,7. Sedangkan uji coba kelompok besar yang dilakukan di SMP Islam El-Shihab Bandar Lampung memperoleh nilai rata-rata 3,4 dan SMP Al-Huda Jati Agung memperoleh nilai rata-rata 3,5. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif berbasis RME sangat layak dan sangat menarik. Kata kunci : Adobe Flash Profesional CS6, RME, Lingkaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Sep 2021 04:10
Last Modified: 22 Sep 2021 04:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15820

Actions (login required)

View Item View Item