PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SITI, AFIFATUN (2021) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. PhD thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SAMPUL BAB 1-2 PUSTAKA SITI AFIF .pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SITI AFIFATUN DISERTASI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kualitas pendidikan di madrasah menjadi tujuan utama dalam standar pelayanan minimal kepada masyarakat yang ditunjukkan dengan peningkatan kinerja guru-guru yang tinggi. Efektivitas kinerja guru diasumsikan akan dipengaruhi oleh supervisi akademik kepala madrasah, iklim organisasi, dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang; 1) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah Aliyah (MA) terhadap Motivasi Kerja Guru MA; 2) Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Motivasi Kerja Guru MA; 3) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah dan Iklim Organisasi secara bersama-sama terhadap Motivasi Kerja Guru MA; 4) Pengaruh langsung maupun tidak langsung Supervisi Akademik Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru MA; 5)Pengaruh pengaruh langsung maupun tidak langsung Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru MA; 6) Pengaruh langsung maupun tidak langsung Supervisi Akademik Kepala Madrasah dan Iklim Organisasi secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru MA; 7) Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru MA; 8) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah, Iklim organisasi dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru MA se- Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dan metode survey. Populasinya adalah guru-guru MA Negeri dan swasta di kabupaten Lampung Utara yang berjumlah 723 orang dan pengambilan sampelnya dengan teknik Cluster random sampling dengan multi stage (dua tahap) dengan cara penentuan menghitung ukuran sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael yang berjumlah 177 orang untuk taraf kesalahan 5%. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif serta analisis jalur. Hasil penelitian ini adalah ; 1) Supervisi akademik Kepala Madrasah terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan kontribusi 42,3%. 2) Iklim organisasi MA terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan kontribusi 43,2%. 3) Supervisi akademik Kepala Madrasah dan iklim organisasi di MA secara bersama-sama terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan kontribusi 37,5%. 4) Supervisi akademik Kepala Madrasah terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi secara total baik itu secara langsung maupun tidak langsung sebesar 44,9%; 5) Iklim organisasi pada MA terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 11,7%. 6) Supervisi akademik Kepala Madrasah dan iklim organisasi pada MA secara bersama-sama terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Besarnya kontribusi secara total sebesar 74,3% 7) Motivasi kerja guru terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MA dengan kontribusi 76,0%.; 8) Supervisi akademik Kepala Madrasah, iklim organisasi, dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah dengan kontribusi 62,4 %. Secara parsial, motivasi kerja guru paling dominan mempengaruhi kinerja guru. Implikasi penelitian ini menyatakan bahwa Supervisi akademik, iklim organisasi dan motivasi mempunyai pengaruh yang cukup kuat dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah di MA Negeri dan swasta di Lampung Utara. Maka apabila Supervisi dilaksanakan dengan baik, terprogram sesuai dengan langkah-langkah supervisi maka kinerja guru akan semakin meningkat, kemudian ditunjang dengan iklim organisasi madrasah yang kondusif maka akan terdorong guru semakin termotivasi dalam kerjanya sehingga kinerja guru semakin meningkat lagi. Kata Kunci : Supervisi Akademik, Iklim Organisasi, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru.proved to have a positive and significant effect on teacher work motivation with a contribution of 42.3%. 2) organizational climate proved to have a positive and significant effect on teacher work motivation with a contribution of 43.2%. 3) Academic supervision of Madrasah Principals and organizational climate in MA together have been shown to have a positive and significant effect on teacher work motivation with a contribution of 37.5%. 4) Academic supervision of Madrasah Principals proved to have a positive and significant effect on teacher performance with a total contribution of 44.9% either directly or indirectly; 5) Organizational climate in MA has been proven to have a positive and significant effect on teacher performance with a contribution of 11.7%. 6) The academic supervision of the Madrasah Principal and the organizational climate at the MA together have been shown to have a positive and significant effect on teacher performance. The total amount of contribution is 74.3%. 7) The work motivation of teachers has been proven to have a positive and significant effect on the performance of MA teachers with a contribution of 76.0%; 8) The academic supervision of the Madrasah Principal, organizational climate, and teacher work motivation together proved to have a positive and correlational research and survey methods. The population is public and private MA teachers in North Lampung district, totaling 723 people and the sample is taken using a cluster random sampling technique with multi stage (two stages) by determining the sample size using Isaac and Michael's formula, totaling 177 people for the error level. 5%. Research data were collected through questionnaires and analyzed using descriptive standard of service to the community which is indicated by the high performance improvement of teachers. The effectiveness of teacher performance is assumed to be influenced by the academic supervision of the madrasah principal, organizational climate, and work motivation. This study aims to obtain empirical evidence about; 1) The Effect of Academic Supervision of the Head of Madrasah Aliyah (MA) on the Work Motivation of MA Teachers; 2) The Effect of Organizational Climate on the Work Motivation of MA Teachers; 3) The influence of the Head of Madrasah Academic Supervision and Organizational Climate together on the Work Motivation of MA Teachers; 4) The direct or indirect influence of the Principal's Academic Supervision on the Performance of MA Teachers; 5) The direct or indirect influence of the work climate on the performance of MA teachers; 6) The direct or indirect influence of the Head of Madrasah Academic Supervision and Organizational Climate together on the Performance of MA Teachers; 7) The Influence of Work Motivation on the Performance of MA Teachers; 8) Effect of Academic Supervision of Madrasah Heads, Organizational Climate and Work Motivation together on the Performance of MA Teachers in North viii ABSTRACT The quality of education in madrasah is the main goal in the minimum Lampung Regency. This research was conducted using a quantitative approach with the type of statistical techniques and path analysis. The results of this study are; 1) Academic supervision of Madrasah Principals significant effect on the performance of MA teachers with a contribution of 62.4%. The implication of this research is that academic supervision, organizational climate and motivation have a strong enough influence in improving the performance of Madrasah teachers in public and private MA in North Lampung. So if the supervision is carried out properly, programmed in accordance with the supervision steps, the teacher's performance will increase, then supported by a conducive madrasa organizational climate, it will encourage teachers to be more motivated in their work so that teacher performance will ix increase again. Keywords: Academic Supervision, Organizational Climate, Work Motivation and Teacher Performance. ﺞﺋﺎBBBBBBBBBﺘﻧ ﻩﺬﻫ ﺔBBBBﺳﺍﺭﺪﻟﺍ ﻲﻫ: 1) ﺖBBBBBBBBﺒﺛ ﻥﺃ ﻑﺍﺮBBBBBBﺷﻺﻟ ﻲﻤﻳﺩﺎBBBBBBﻛﻷﺍ ﻰBBBﻠﻋ ﻱﺮﻳﺪBBBﻣ ﺔBBBBﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBBﺗ ﺇﻲﺑﺎBBBBBBBBﺠﻳ ﻡﺎﻫﻭ ﻰBBBﻠﻋ ﺰﻴBBBBBBBBBBBﻔﺤﺗ ﻞﻤﻋ ﻢBBBBBBﻠﻌﻤﻟﺍ ﺔﺒBBBBBBBBBBBﺴﻨﺑ 42.3٪. 2) ﺖBBBBBBBBﺒﺛ ﻥﺃ ﺥﺎBBBBﻨﻤﻟﺍ ﻲBBBBBBBBBBBBﻤﻴﻈﻨﺘﻟﺍ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻤﻠﻟ ﻪBBﻟ ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBBﺗ ﻲﺑﺎBBBBBBBBﺠﻳﺇ ﻡﺎﻫﻭ ﻰBBBﻠﻋ ﺰﻴBBBBBBBBBBBﻔﺤﺗ ﻞﻤﻋ ﻢBBBBBBﻠﻌﻤﻟﺍ ﺔﺒBBBBBBBBBBBﺴﻨﺑ 43.2٪. 3) ﺪBBBBBﻘﻟ ﺖBBBBBBBBﺒﺛ ﻥﺃ ﻑﺍﺮBBBBBBﺷﻺﻟ ﻲﻤﻳﺩﺎBBBBBBﻛﻷﺍ ﻰBBBﻠﻋ ﻱﺮﻳﺪBBBﻣ ﺔBBBBﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﺥﺎBBBBﻨﻤﻟﺍﻭ ﻲBBBBBBBBBBBBﻤﻴﻈﻨﺘﻟﺍ ﻲBBBBBﻓ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻤﻟﺍ ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBBﺗ ﻲﺑﺎBBBBBBBBﺠﻳﺇ ﻡﺎﻫﻭ ﻰBBBﻠﻋ ﺰﻴBBBBBBBBBBBﻔﺤﺗ ﻞﻤﻋ ﻢBBBBBBﻠﻌﻤﻟﺍ ﺏﺔﺒBBBBBBBBﺴﻧ 37.5٪. 4) ﺖBBBBBBBBﺒﺛ ﻥﺃ ﻑﺍﺮBBBBBBﺷﻺﻟ ﻲﻤﻳﺩﺎBBBBBBﻛﻷﺍ ﻰBBBﻠﻋ ﻱﺮﻳﺪBBBﻣ ﺔBBBBﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBﺗ ﻲﺑﺎBBBBBBBBﺠﻳﺇ ﻡﺎﻫﻭ ﻰBBBﻠﻋ ءﺍﺩﺃ ﻢBBBBBBﻠﻌﻤﻟﺍ ﺔﻤﻫﺎBBBﺴﻤﺑ ﺔBBBBBﻴﻟﺎﻤﺟﺇ ﻎBBBBBBBBBBBﻠﺒﺗ 44.9٪ ءﺍﻮBBBﺳ ﻞﻜBBBBBBBBﺸﺑ ﺮBBBBBBﺷﺎﺒﻣ ﻭﺃ ﺮﻴBBBBﻏ ﺮBBBBBBﺷﺎﺒﻣ. 5) ﺪBBBBBﻘﻟ ﺖBBBBBBBBﺒﺛ ﻥﺃ ﺥﺎBBBBﻨﻤﻟﺍ ﻲBBBBBBBBBBBBﻤﻴﻈﻨﺘﻟﺍ ﻲBBBBBﻓ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻤﻟﺍ ﻪBBﻟ ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBBﺗ ﻲﺑﺎBBBBBBBBﺠﻳﺇ ﻡﺎﻫﻭ ﻰBBBﻠﻋ ءﺍﺩﺃ ﻢBBBBBBﻠﻌﻤﻟﺍ ﺔﺒBBBBBBBBBBBﺴﻨﺑ 11.7٪. 6) ﺪBBBBBﻘﻟ ﺖBBBBBBBBﺒﺛ ﻥﺃ ﻑﺍﺮBBBBBBﺷﻺﻟ ﻲﻤﻳﺩﺎBBBBBBﻛﻷﺍ ﺮﻳﺪBBBBBﻤﻟ ﺔBBBBﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﺥﺎBBBBﻨﻤﻟﺍﻭ ﻲBBBBBBBBBBBBﻤﻴﻈﻨﺘﻟﺍ ﻲBBBBBﻓ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻤﻟﺍ ﺎﻌﻣ ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBBﺗ ﻲﺑﺎBBBBBBBBﺠﻳﺇ ﻡﺎﻫﻭ ﻰBBBﻠﻋ ءﺍﺩﺃ ً ﻢBBBBBBﻠﻌﻤﻟﺍ. ﺖBBBBBBBBﻐﻠﺑ ﺔﻤﻫﺎBBﺴﻤﻟﺍ ﺔBBBBBBﻴﻟﺎﻤﺟﻹﺍ 74.3٪ .7) ﺖBBBBBBBBﺒﺛ ﻥﺃ ﻊﻓﺍﺪBBBBBBBBﻟﺍ ﻲBBBBBBﻠﻤﻌﻟﺍ ﻦBBBBBBBBBBBﻴﻤﻠﻌﻤﻠﻟ ﻪBBﻟ ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBBﺗ ﻲﺑﺎBBBBBBBBﺠﻳﺇ ﻱﻮBBBﻨﻌﻣﻭ ﻰBBBﻠﻋ ءﺍﺩﺃ ﻲBBBBﻤﻠﻌﻣ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻤﻟﺍ ﺔﺒBBBBBBBBBBBﺴﻨﺑ 76.0٪. 8) ﺖBBBBBBBBﺒﺛﺃ ﻑﺍﺮBBBBﺷﻹﺍ ﻲﻤﻳﺩﺎBBBBBBﻛﻷﺍ ﺪBBﻤﻟﺮBBBBﻳ ﺔBBBBﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﺥﺎBBBBﻨﻤﻟﺍﻭ ﻲBBBBBBBBBBBBﻤﻴﻈﻨﺘﻟﺍ ﻊBBBBBﻓﺍﻭﺩﻭ ﻞﻤﻋ ﻢBBBBﺗ ءﺍﺮﺟﺇ ﺍﺬﻫ ﺚBBBBBBBﺤﺒﻟﺍ ﺖBBBBBBﺳﺎﺑﻡﺍﺪﺧ ﺞBBﻬﻨﻣ ﻲBBﻤﻛ ﻊﻣ ﻉﻮBBBﻧ ﺚBBBBBBBﺤﺒﻟﺍ ﻲﻁﺎBBBBBBBBBﺒﺗﺭﻻﺍ ﻕﺮﻁﻭ ﺢBBBBBﺴﻤﻟﺍ. ﻥﺎﻜBBBBBBﺴﻟﺍ ﻢﻫ ﻮBBﺳﺭﺪﻣ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻣ ﻲBBBBBﻓ ﻦﻴﻋﺎBBBBBBBBﻄﻘﻟﺍ ﻡﺎBBBBﻌﻟﺍ ﺹﺎBBBﺨﻟﺍﻭ ﻲBBBBBﻓ ﺔBBBBﻘﻄﻨﻣ ﻝﺎﻤBBﺷ ﺞﻧﻮBBBBBBBﺒﻣﻻ ، ﻎBBBBBBBBBBﻠﺒﻳﻭ ﻲﻟﺎBBBﻤﺟﺇ ﻢﻫﺩﺪﻋ 723 ﺎﺼﺨﺷ ، ﻢBBBBBBBﺘﻳﻭ ﺬﺧﺃ ﺔBBBBBBBBﻨﻴﻌﻟﺍ ً ﻡﺍﺪﺨﺘBBBBBBBBBBﺳﺎﺑ ﺔBBBBBBBBBBBﻴﻨﻘﺗ ﺬﺧﺃ ﺕﺎBBBBBBBBBﻨﻴﻌﻟﺍ ﺔBBBBBBBBBBBﻳﺩﻮﻘﻨﻌﻟﺍ ﺔﻴﺋﺍﻮBBBBBBBBBBBBﺸﻌﻟﺍ ﺕﺍﺫ ﻞBBBﺣﺍﺮﻤﻟﺍ ﺓﺩﺪBBBBBBBﻌﺘﻤﻟﺍ (ﻥﺎBBBBBBﺘﻠﺣﺮﻣ) ﻦﻣ ﻝﻼBBﺧ ﺕﺪBBBBﻳﺪﺣ ﻢﺠﺣ ﺔBBBBBBBBﻨﻴﻌﻟﺍ ﻡﺍﺪﺨﺘBBBBBBBBBBﺳﺎﺑ ﺔﻐﻴBBBBBBﺻ ﻕﺎﺤBBBﺳﺇ ﻞBBBBﻜﻳﺎﻣﻭ ، ﻲﻟﺎBBBBBBﻤﺟﺈﺑ 177 ﺎﺼﺨﺷ ﺄBBBBBﻄﺨﻠﻟ ﻯﻮﺘBBBBBBBBﺴﻤﻟﺍ 5٪. ﻢBBBBﺗ ﻊﻤﺟ ﺕﺎBBB ً BBBBBBﻧﺎﻴﺑ ﺚBBBBBBBﺤﺒﻟﺍ ﻦﻣ ﻝﻼBBﺧ ﺕﺎﻧﺎﻴﺒﺘBBBBBBBBBBBBBBBBﺳﻻﺍ ﺎBBBBBBBBBBBﻬﻠﻴﻠﺤﺗﻭ ﻡﺍﺪﺨﺘBBBBBBBBBBﺳﺎﺑ ﺐﻴﻟﺎBBBBBBBBBﺳﻷﺍ ﺔﻴﺋﺎBBBBBBBBBﺼﺣﻹﺍ ﻥﺇ ﺓﺩﻮﺟ ﻢBBBBBBBBBBBBBﻴﻠﻌﺘﻟﺍ ﻲBBBBBﻓ ﺱﺭﺍﺪBBﻤﻟﺍ ﺔBBBBBBBBBBﻴﻨﻳﺪﻟﺍ ﻲﻫ ﻑﺪBBﻬﻟﺍ ﻲBBBBBBBBBBBBﺴﻴﺋﺮﻟﺍ ﻲBBBBBﻓ ﺪBBBﺤﻟﺍ ﻰBBBBﻧﺩﻷﺍ ﻦﻣ ﻯﻮﺘBBBBBBﺴﻣ ﺔBBﻣﺪﺨﻟﺍ ﻊBBBBBBBBBﻤﺘﺠﻤﻠﻟ ﻱﺬBBBﻟﺍﻭ ﻰBBBBBBBBBBﻠﺠﺘﻳ ﻲBBBBBﻓ ﺓﺩﺎBBBﻳﺯ ءﺍﺩﻷﺍ ﻲﻟﺎBBBBBBBﻌﻟﺍ ﻦBBBBBBBBBBBﻴﻤﻠﻌﻤﻠﻟ. ﻦﻣ ﺽﺮﺘBBBBBBBBBBﻔﻤﻟﺍ ﻥﺃ ﺮﺛﺄBBBBBBBBBBBﺘﺗ ﺔBBBBBBBBBBﻴﻟﺎﻌﻓ ءﺍﺩﺃ ﻢBBBBBBﻠﻌﻤﻟﺍ ﻑﺍﺮBBBBBBBﺷﻹﺎﺑ ﻲﻤﻳﺩﺎBBBBBBﻛﻷﺍ ﺮﻳﺪBBBBBﻤﻟ ﺔBBBBﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ، ﺥﺎBBBBﻨﻤﻟﺍﻭ ﻲBBBBBBBBBBBBﻤﻴﻈﻨﺘﻟﺍ ، ﻊBBBBBﻓﺍﻭﺩﻭ ﻞBBBBﻤﻌﻟﺍ. ﻑﺪBBBﻬﺗ ﻩﺬﻫ ﺔBBBBﺳﺍﺭﺪﻟﺍ ﻰBBBﻟﺇ ﻝﻮBBBBBﺼﺤﻟﺍ ﻰBBBﻠﻋ ﺔBBﻟﺩﺃ ﺔBBBBBBBBBBBBBﻴﺒﻳﺮﺠﺗ ﻝﻮﺣ ؛ 1) ﺮBBBBﺛﺃ ﻑﺍﺮBBBBﺷﻹﺍ ﻲﻤﻳﺩﺎBBBBBBﻛﻷﺍ ﺲﻴﺋﺮBBBBBBBBBﻟ ﺔBBBBﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﺎBBBBBBBBBﻴﻠﻌﻟﺍ ﻰBBBﻠﻋ ﺰﻴBBBBBBBBBBBﻔﺤﺗ ﻲBBBﻤﻠﻌﻣ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻤﻟﺍ ﻰBBBﻠﻋ ﻞBBBBﻤﻌﻟﺍ. 2) ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBBﺗ ﺥﺎBBBBﻨﻤﻟﺍ ﻲBBBBBBBBBBBBﻤﻴﻈﻨﺘﻟﺍ ﻰBBBﻠﻋ ﻊﻓﺍﺪBBBBBBBBﻟﺍ ﻲBBBBBBBBBBﻔﻴﻅﻮﻟﺍ ﻲBBBBBBﻤﻠﻌﻤﻟ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻣ. 3) ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBBﺗ ﺲBBBBBBBﻴﺋﺭ ﻑﺍﺮBBBBﺷﻹﺍ ﻲﻤﻳﺩﺎBBBBBBﻛﻷﺍ ﻲBBBBBﻓ ﺔBBBBﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﺥﺎBBBBﻨﻤﻟﺍﻭ ﻲBBBBBBBBBBBBﻤﻴﻈﻨﺘﻟﺍ ﻊﻣﺍ ﻰBBBﻠﻋ ً ﺰﻴBBBBBBBBBBBﻔﺤﺗ ﻲBBBﻤﻠﻌﻣ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻤﻟﺍ ﻲBBBBBﻓ ﻞBBBBﻤﻌﻟﺍ ؛ 4) ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBBBBﺘﻟﺍ ﺮBBBBBBBBﺷﺎﺒﻤﻟﺍ ﻭﺃ ﺮﻴBBBBﻏ ﺮBBBBBBBBﺷﺎﺒﻤﻟﺍ ﻑﺍﺮBBBBBBﺷﻺﻟ ﻲﻤﻳﺩﺎBBBBBBﻛﻷﺍ ﺮﻳﺪBBBBBBBBﻤﻠﻟ ﻰBBBﻠﻋ ءﺍﺩﺃ ﻲBBBBﻤﻠﻌﻣ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻤﻟﺍ ؛ 5) ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBBBBﺘﻟﺍ ﺮBBBBBBBBﺷﺎﺒﻤﻟﺍ ﻭﺃ ﺮﻴBBBBﻏ ﺮBBBBBBBBﺷﺎﺒﻤﻟﺍ ﺥﺎBBBBﻨﻤﻟ ﻞBBBBﻤﻌﻟﺍ ﻰBBBﻠﻋ ءﺍﺩﺃ ﻲBBBﻤﻠﻌﻣ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻤﻟﺍ. 6) ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBBBBﺘﻟﺍ ﺮBBBBBBBBﺷﺎﺒﻤﻟﺍ ﻭﺃ ﺮﻴBBBBﻏ ﺮBBBBBBBBﺷﺎﺒﻤﻟﺍ ﺲﻴﺋﺮBBBBBBBBBﻟ ﻑﺍﺮBBBBﺷﻹﺍ ﻲﻤﻳﺩﺎBBBBBBﻛﻷﺍ ﻲBBBBBﻓ ﺔBBBBﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﺥﺎBBBBﻨﻤﻟﺍﻭ ﻲBBBBBBBBBBBBﻤﻴﻈﻨﺘﻟﺍ ﺎﻌﻣ ﻰBBBﻠﻋ ءﺍﺩﺃ ﻲBBBﻤﻠﻌﻣ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻣ. 7) ً ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBBﺗ ﻊBBBBBﻓﺍﺩ ﻞBBBBﻤﻌﻟﺍ ﻰBBBﻠﻋ ءﺍﺩﺃ ﻲBBBBﻤﻠﻌﻣ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻤﻟﺍ. 8) ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBﺗ ﻑﺍﺮBBBBﺷﻹﺍ ﻲﻤﻳﺩﺎBBBBBBﻛﻷﺍ ءﺎBBBBBﺳﺅﺮﻟ ﺔBBBBﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﺥﺎBBBBﻨﻤﻟﺍﻭ ﻲBBBBBBBBBBBBﻤﻴﻈﻨﺘﻟﺍ ﻊBBBBBﻓﺍﻭﺩﻭ ﻞBBBBﻤﻌﻟﺍ ﺎﻌﻣ ﻰBBBﻠﻋ ءﺍﺩﺃ ً x ﺓﺬBBBBBBﺒﻧ ﺓﺮBBBBBBﺼﺘﺨﻣ ﻲBBBBﻤﻠﻌﻣ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻤﻟﺍ ﻲBBBBBﻓ ﻲBBBBBBBBBﺴﻨﺠﻳﺭ ﺞﻧﻮBBBBBBBﺒﻣﻻ ﺔﻴﻟﺎﻤBBBBBBBBBﺸﻟﺍ. ﺔﻴﻔBBBBBBBBBBBﺻﻮﻟﺍ ﻞBBBBBBBBBBﻴﻠﺤﺗﻭ ﺭﺎBBBBﺴﻤﻟﺍ. ﻥﺇ ﻰﻨBBBBBBﻌﻤﻟﺍ ﻲﻨﻤBBBBBBBﻀﻟﺍ ﺍﺬBBﻬﻟ ﺚBBBBBBBﺤﺒﻟﺍ ﻮﻫ ﻥﺃ ﻑﺍﺮBBBBﺷﻹﺍ ﻲﻤﻳﺩﺎBBBBBBﻛﻷﺍ ﺥﺎBBBBﻨﻤﻟﺍﻭ ﻲBBBBBBBBBBBﻤﻴﻈﻨﺘﻟﺍ ﺰﻴBBBBBBBBBBBBBBﻔﺤﺘﻟﺍﻭ ﻝﺎﻫ ﺮﻴﺛﺄBBBBBBBBBBBﺗ ﻱﻮBBBﻗ ﺎBBBﻤﺑ ﻲBBBBBBBBBBﻔﻜﻳ ﻲBBBBBﻓ ﻦﻴBBBBBBBBBBﺴﺤﺗ ءﺍﺩﺃ ﻲBBBBﻤﻠﻌﻣ ﺔBBBBﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﻲBBBBBﻓ ﺮﻴﺘBBBBBBBBBBBﺴﺟﺎﻤﻟﺍ ﻡﺎBBBBﻌﻟﺍ ﺹﺎBBBﺨﻟﺍﻭ ﻲBBBBBﻓ ﻝﺎﻤBBﺷ ﺞﻧﻮBBBBBBBﺒﻣﻻ. ﻚﻟﺬBBBBBﻟ ﺍﺫﺇ ﻢBBBBﺗ ﺬBBBBBBBBBBBBBﻴﻔﻨﺗ ﻑﺍﺮBBBBﺷﻹﺍ ﻞﻜBBBBBBBBﺸﺑ ﺢﻴﺤBBBBBBﺻ ، ﻪBBBBBBBﺘﺠﻣﺮﺑﻭ ﺎﻘﻓﻭ ﺕﺍﻮBBBﻄﺨﻟ ﻑﺍﺮBBBBﺷﻹﺍ ، ﺩﺍﺩﺰﻴBBBBBBﺳ ءﺍﺩﺃ ً ﻢBBBBBBﻠﻌﻤﻟﺍ ، ﻢBBBBﺛ ﻪBBﻤﻋﺪﻳ ﺥﺎBBﻨﻣ ﻲBBBBBBBBBﻤﻴﻈﻨﺗ ﻲBBBﺳﺭﺪﻣ ﺕﺍﻮﻣ ، ﻊﺠBBBBBBBBBﺸﻴﺳ ﻦBBBBBBBBﻴﻤﻠﻌﻤﻟﺍ ﻰBBBﻠﻋ ﻥﺃ xi ﻦBBBBBBBBﻴﻤﻠﻌﻤﻟﺍ ﺎﻌﻣ ﺍ ً ﺮﻴﺛﺄﺗ ﺎ ً ﻴﺑﺎﺠﻳﺇ ﺎ ً ﻣﺎﻫﻭ ﻰBBBﻠﻋ ءﺍﺩﺃ ﻲBBBBﻤﻠﻌﻣ ﺔBBBBﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﺎBBBBBBBBBﻴﻠ ً ﻌﻟﺍ ﺔﺒBBBBBBBBBBBﺴﻨﺑ 62.4٪. ﺎﻴﺋﺰﺟ ، ﺮBBBBBBBﺛﺆﻳ ﻊBBBBBﻓﺍﺩ ﻞﻤﻋ ﻢBBBBBBﻠﻌﻤﻟﺍ ﻞﻜBBB ً BBBBBﺸﺑ ﺮﻴBBBBBBBBBﺒﻛ ﻰBBBﻠﻋ ءﺍﺩﺃ ﻢBBBBBBﻠﻌﻤﻟﺍ. ﺍﻮBBBBBBBﻧﻮﻜﻳ ﺮﺜBBBBBBﻛﺃ ﺰﻴﻔﺤﺗﺍ ﻲBBBBBﻓ ﻢBBﻬﻠﻤﻋ ﻰﺘBBBBBﺣ ﻊﻔﺗﺮBBBBBBBBBBBBﻳ ء ً ﺍﺩﺃ ﻢBBBBBBﻠﻌﻤﻟﺍ ﺓﺮﻣ ﻯﺮﺧﺃ . ﺕﺎBBBBBBﻤﻠﻜﻟﺍ ﺔBBBBBBBBBBBBﻴﺣﺎﺘﻔﻤﻟﺍ: ﻑﺍﺮBBBBﺷﻹﺍ ﻲﻤﻳﺩﺎBBBBBBﻛﻷﺍ ، ﺥﺎBBBBﻨﻤﻟﺍ ﻲBBBBBBBBBBBBﻤﻴﻈﻨﺘﻟﺍ ، ﺔBBBBBBBBBBﻴﻌﻓﺍﺪﻟﺍ ﻞBBBBBBﻤﻌﻠﻟ ءﺍﺩﺃﻭ ﻢBBBBBBﻠﻌﻤﻟﺍ.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:37
Last Modified: 20 Sep 2021 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15797

Actions (login required)

View Item View Item