GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PERUMNAS WAY KANDIS

M. Ridho, Hamidan (2021) GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PERUMNAS WAY KANDIS. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS RIDHO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fokus penenelitian ini tentang gaya kepemimpinan Situasional kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri 2 Perumnas Way kandis Bandar Lampung . Tujuan diadakannya peneitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan Situasional kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri 2 Perumnas Way kandis. Seperti sudah diketahui bahwa gaya kepemimpinan yag dimiliki oleh setiap kepala sekolah ialah berbeda-beda. Tidak ada gaya yag dikatakan paling tepat untuk diterakan mengingat beragamnya karakter masing-masing kepala sekolah hingga berbedanya tingkat kematangan atau maturitytiap-tiap bawahan. Sehingga sangat diperlukan kemampuan kepala sekolah untuk dapat mengetahui karakter atau kematangan masing-masing bawahan serta untuk memahami situasi agar kepala sekolah dapat memilih gaya kepemimpinan seperti apa yang tepat untuk diterapkan. Penelitian ini digali berdasarkan rumusan masalah meliputi: Bagaimana gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri 2 Perumnas Way kandis terhadap tingkat kematangan teaga pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Subjek dalam penellitian ini adalah kepala sekolah dan tenaga pendidik, dan objek penelitian ini adalah gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri 2 Perumnas Way kandis Bandar Lampung. Dari hasiil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri 2 Perumnas Way kandis dalam menghadapi tingkat kematangan tenaga pendidik ialah menggunakan gaya kepemimpinan intruksional, kepala sekolah menggunakan gaya kepemimpinan konsultasi, kepala sekolah menggunakan gaya kepemimpinan partisipasi, dan untuk menghadapi pendidik kepala sekolah menggunakan gaya kepemimpinan delegasi. Semua gaya yang digunakan kepala sekolah dalam menghadapi tenaga pendidik mulai dari gaya kepemimpinan yang ada pada teori kepemimpinan situasional. Kepala sekolah juga menekankan pentingnya pengawasan atau kontrol dalam menghadapi semua tingkat kematangan pendidik. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan situasional Kepala Sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:41
Last Modified: 20 Sep 2021 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15793

Actions (login required)

View Item View Item