PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PRINGSEWU

Laili, Al Hidayati (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LAILI AL HIDAYATI REVISI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) TERHAD KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PRINGSEWU Oleh Laili Al Hidayati Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan metakognitif peserta didik, kurangnya menggali pengetahuan awal peserta didik dengan konflik kognitif dalam proses pembelajaran di kelas XI IPA SMAN 1 Pringsewu. Oleh karna itu, penulis melakukan penelitian dengan tujuan (1)Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) terhadap kemampuan metakognitif peserta didik, dan (2)Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 untuk kelas eksperimen dan XI IPA 5 untuk kelas kontrol, pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain post test only control design, metode yang digunakan yaitu kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes, angket, dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan yaitu Uji T- Independent, dengan memperoleh nilai sig.0,003 > 0,005 maka sesuai dengan kriteria Uji T-Independent berarti H1 diterima, artinya model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif peserta didik. Respon peserta didik terhadap pembelajaran model ECIRR tergolong kuat (73%) peserta didik lebih tertarik belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce). Kata Kunci: Model Pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce), Kemampuan Metakognitif, Sistem Koordinasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2021 03:24
Last Modified: 20 Sep 2021 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15785

Actions (login required)

View Item View Item