PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN TAJWID PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI

ALFIATURROHMANIAH, Hasyim Asy‟ari (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN TAJWID PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALFIATURROHMANIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi lectora inspire dalam pembelajaran tajwid pada mata pelajaran Al-qur‟an Hadis kelas IV MIN dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi lectora inspire dalam pembelajaran tajwid pada mata pelajaran Al-qur‟an Hadis kelas IV MIN. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) yang mengadopsi pengembangan dari Robert Maribe Branch atau sering disebut model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dan pendidik di MIN 6 Bandar Lampung dan MIN 7 Bandar Lampung dengan instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli media, ahli bahasa, ahli materi, pendidik dan peserta didik untuk mengetahui ketertarikan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi lectora inspire dalam pembelajaran tajwid pada mata pelajaran Al-qur‟an Hadis kelas IV MIN mengetahui kelayakan dari kualitas produk yang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan persentase 89,6% oleh ahli Materi, 97,5% oleh ahli bahasa dan 82.5% oleh ahli media dalam kategori sangat layak; Respon pendidik dengan persentase 95,3% dalam kategori sangat layak dan respon peserta didik pada media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi lectora inspire dalam pembelajaran tajwid pada mata pelajaran Al-qur‟an Hadis dengan persentase 87,4% dalam kategori sangat layak di MIN. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Lectora Inspire, Pembelajara Tajwid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:12
Last Modified: 17 Sep 2021 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15777

Actions (login required)

View Item View Item