PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

SRI, MULYA DESNIATI (2021) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1-5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SRI MULYA DESNIATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK Dimasa pandemi peserta didik kelas VIII D SMP Muhammadiyah 1 Kalianda mengalami motivasi rendah sehingga tidak semangat dalam belajar. Terdapat 3 peserta didik yang mengalami kurangnya motivasi belajar. Tiga peserta didik tersebut dibimbing oleh guru bimbingan dan konseling melalui layanan bimbingan belajar. Permasalahannya adalah bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar peserta didik? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Peran Guru BK dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif, yaitu suatu penelitian lapangan dengan tujuan mendeskripsikan (memaparkan) fenomena-fenomena yang ditemukan dilapangan berupa kata-kata tertulis dari orang-orang yang telah ditentukan sebelumnya. Jenis laporan penelitian model ini berisi kutipan-kutipan data dalam bentuk narasi. Data dan informasi yang berbentuk narasi tersebut berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan dilakukan triangulasi sumber sebagai keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pertama, peran guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar peserta didik. Dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar yaitu Pertama: (1) guru bk melakukan perencanaan dalam pelaksanaan bimbingan belajar yaitu assesment, berkolaborasi dengan pihak- pihak terkait. (2) menyiapkan program berupa RPL, sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Kedua, proses pelaksanaan bimbingan belajar dengan metode bimbingan individu guru bk 1) mengidentifikasi peserta didik, 2) mengatur waktu, 3) mempersiapkan tempat, 4) membahas permasalahan, 5) hasil yang dicapai. Ketiga evaluasi dan hasil setelah melakukan layanan guru BK mengevaluasi dengan memperhatikan tingkah laku peserta didik dan laporan dan wali kelas atau guru mata pelajaran sedangkan hasil dari pelaksanaan bimbingan belajar dengan metode bimbingan individu bahwa terdapat perubahan pada perilaku peserta didik setelah mendapatkan layanan dimana peserta didik melakukan usaha-usaha perbaikan ke arah yang lebih baik. Kegiatan pelaksanaan layanan bimbingan belajar oleh guru bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah 1 Kalianda mampu memperbaiki kurangnya motivasi belajar pada peserta didik Kata kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Bimbingan Belajar. iiiABSTRACT During the pandemic, student of class VIII D SMP Muhammadiyah 1 Kalianda exprienced low motivation so they were not enthusiastic about learning. There are 3 student who experience a lack of learning motivation. The three student are guided by guidance and counseling teacher through tutoring services. The problem is what is the role of guidance and counseling teacher in the implementation of student tutoring services? The purpose of this study is tu find out how the role of BK teacher in the implementation of student tutoring services. The method use in this study is a qualitative method ith a descrptive design, which is s field study with the aim of describing (axplaining) the phenomena found in the field in teh form of written word from pre determined people. This type of research report contains data excerpts in teh form of a narative. The data and information in the form of narratives are derived from observations, interviews and documentation by triangulation of sources as the validity of the data. Based on the results of the study, it can be concluded that: first, the role of guidance and counseling teachers in the implementation of participant tutoring student. In the implementation of tutoring services, namely: First: (1) BK teachers do planning in the implementation of tutoring, namely assessment, collaborating with related parties. (2) prepare programs in the form of RPL, facilities and infrastructure needed. Second, the process of implementing tutoring with the individual guidance method of the BK teacher 1) identifying students, 2) managing time, 3) preparing the place, 4) discussing problems, 5) the results achieved. The three evaluations and the results after performing the counseling service teacher evaluate by paying attention to behavior students and reports and homeroom teachers or subject teachers while the results of the implementation of tutoring with individual guidance methods that there are changes in student behavior after receiving services where students make efforts to improve in a better direction. The activity of implementing tutoring services by guidance and counseling teachers at SMP Muhammadiyah 1 Kalianda is able to improve the lack of learning motivation in students. Keywords: The Role of Guidance and Counseling Teacher, Tutoring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:34
Last Modified: 17 Sep 2021 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15773

Actions (login required)

View Item View Item