PENGARUH FLUKTUASI HARGA EMAS PADA PRODUK GADAI EMAS SYARIAH DAN PRODUK SAFE DEPOSIT BOX TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH MANDIRI TAHUN 2018–2020

Dewi, Afriyani (2021) PENGARUH FLUKTUASI HARGA EMAS PADA PRODUK GADAI EMAS SYARIAH DAN PRODUK SAFE DEPOSIT BOX TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH MANDIRI TAHUN 2018–2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Produk gadai emas syariah menjadi salah satu produk yang diutamakan pada Bank Syariah Mandiri, produk ini berpengaruh terhadap peningkatan profitabilitas Bank Syariah Mandiri. Peningkatan profitabilitas Bank Syariah Mandiri yang disumbangkan oleh produk gadai emas syariah sangat bergantung kepada fluktuasi harga emas, harga emas menjadi faktor utama dalam penaksiran barang gadai untuk mendapatkan pembiayaan. Pada umumnya apabila biaya bertambah untuk kegiatan pemasaran maka jumlah penjualan meningkat, dengan adanya peningkatan penjualan sehingga profitabilitas bank juga akan mengalami peningkatan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif, dengan jenis penelitian Asosiatif. Model analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software SPSS. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa Laporan Keuangan Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini menggunakan data deret waktu (Time Series), yaitu data Laporan Keuangan Bank Syariah Mandiri mulai tahun 2018-2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Fluktuasi Harga Emas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas Return On Asset (ROA). Variabel Fluktuasi Harga Emas dengan nilai signifikasi 0,433 > 0,05 dan nilai thitung (-0,795) < ttabel (2,037). Dan secara parsial variabel Save Deposit Box berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas ROA dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar (7,980) > ttabel (2,037). Sedangkan secara simultan variabel Fluktuasi Harga Emas dan Safe Deposi Box berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas Return On Asset (ROA) dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar (25,080) > Ftabel (3,29). Kata Kunci : Fluktuasi Harga Emas, Safe Deposit Box, Profitabilitas Return On Asset (ROA).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:31
Last Modified: 17 Sep 2021 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15772

Actions (login required)

View Item View Item