PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DI KELAS VII TINGKAT TSANAWIYAH MA’HAD AS-SAQAFAH AL-ISLAMIAH PATANI SELATAN THAILAND

Yusoh, Mareeyah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DI KELAS VII TINGKAT TSANAWIYAH MA’HAD AS-SAQAFAH AL-ISLAMIAH PATANI SELATAN THAILAND. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_YUSOH.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Islam merupakan agama yang sangat menganjurkan mencari ilmu pengetahuan. Sekolah sebagai suatu institusi atau lembaga pendidikan idealnya harus mampu melakukan proses edukasi, sosialisasi, dan transformasi. Permasalahan yang di hadapai di Ma’had As-Saqafah Al-Islamiyah Patani Selatsn Thailand ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Berdasarkan data prasurvei menunjukan bahawa dari 30 peserta didik yang mencapai KKM hanya 34%, dari KKM yang di tetapkan Ma’had As-Saqafah Al-Islamiyah Patani Selatan Thailand yaitu 70. Ini merupakan bukti bahwa pelajaran yang dilakukan belum terlaksana dengan baik, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kurangnya penggunaan metode-metode pembelajaran sehingga pembelajaran belum berjalan dengan baik. Maka peneliti dalam penelitian ini mencoba menerapkan model pembelajaran concept mapping dalam pelajaran Al-Qur’an Hadist di Ma’had As-Saqafah Al-Islamiyah Patani Selatan Thailand. Adapun rumusan yang diajukan di dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran concept mapping dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadist kelas VII Tingkat Tsanawiyah Ma’had As-Saqafah Al-Islamiyah Patani Selatan Thailand.” Penelitian ini mengambil setting di kelas VII Tingkat Tsanawiyah Ma’had As-Saqafah Al-Islamiyah Patani Selatan Thailand. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes, Dokumentassi, dan Wawancara. Analisis data yang digunakan adalah metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukan, hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist pra siklus 34 %, pada Akhir siklus I sebesar 70%, dan akhir siklus 2 sebesar 86 %. Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh hal ini menunjukan, bahwa model pembelajaran concept mapping dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadist Kelas VII Tingkat Tsanawiyah Ma’had As-Saqafah Al-Islamiyah Patani Selatan Thailand.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Oct 2017 03:19
Last Modified: 12 Oct 2017 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1575

Actions (login required)

View Item View Item