EVALUASI PROGRAM EKSTRAKULIKULER KEROHANIAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG

SITI, FATIMAH (2021) EVALUASI PROGRAM EKSTRAKULIKULER KEROHANIAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Untitled.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan ekstrakulikuler kerohanian memiliki peran yang sangat penting dalam menggali potensi minat dan bakat siswa sebagai implementasi dari UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Selain itu, kegiatan ekstrakulikuler kerohanian juga dapat mendorong peningkatan nilai-nilai karakter keagamaan siswa serta pengamalannya terhadap ajaran Islam yang diketahui semakin merosot belakangan ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Evaluasi konteks program ekstrakulikuler Kerohanian, (2) Evaluasi input program ekstrakulikuler Kerohanian, (3) Evaluasi proses program ekstrakulikuler Kerohanian, (4) Evaluasi produk program ekstrakulikuler Kerohanian di MTs Darul Huda Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, pembina dan peserta ekstrakulikuler kerohanian. Data dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman yakni mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan/memverifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Evaluasi konteks yang berkaitan dengan struktur kepengurusan program, tujuan program, jenis kegiatan, program kerja dan kebutuhan, dalam kategori cukup baik, (2) Evaluasi input yang berkaitan dengan guru pembiming maupun peserta yang mengikuti ekstrakurikuler kerohanian, serta kelayakan/kelengkapan dari sarana dan prasarana pendukung kegiatan program juga masuk dalam kategori cukup baik. Namun perlu ditingkatkan pada penyediaan guru pelatih, dan perincian pembiayaan pelaksanaan program, (3) Evaluasi proses masuk dalam kategori baik. Pelaksanannya telah sesuai dengan petunjuk program yang telah ditetapkan sesuai Permendikbud No 62 tahun 2014 dan pedoman ekstrakulikuler PAI SMP yang dikeluarkan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI tahun 2015. (4) Evaluasi produk yang masuk dalam kategori baik, didalamnya berisi hasil belajar siswa berupa nilai, prestasi, dan karakter siswa dari karakter religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun/ sopan, dan percaya diri. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa program ekstrakulikuler kerohanian di MTs Darul Huda Bandar Lampung sangat berperan dalam membentuk karakter keagamaan siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar program ektrakulikuler kerohanian dapat dilanjutkan karena pelaksanaanya berjalan sesuai visi dan misi lembaga pendidikan Islam yakni menghasilkan lulusan yang berkarakter Islami. Selain itu lembaga perlu meninjau ulang komponen konteks dan input agar proses dan produk menjadi lebih baik lagi. Kata Kunci: Evaluasi, Ekstrakulikuler Kerohanian, Karakter Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:23
Last Modified: 16 Sep 2021 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15745

Actions (login required)

View Item View Item