ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN EKSPOR KOPI PADA CV ANTARA SAUDARA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

SHOPIA, ANANDA (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN EKSPOR KOPI PADA CV ANTARA SAUDARA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 BAB 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SHOPIA ANANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh CV Antara Saudara dalam meningkatkan penjualan ekspor kopi Robusta, dan bagaimana implementasi strategi pemasaran untuk meningkatkan ekspor kopi robusta pada CV Antara Saudara ditinjau dari perspektif Ekonomi Islam. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Responden penelitian ini merupakan informan kunci yang dipilih menggunakan metode purposive. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian primer. Data primer merupakan sumber merupakan sumber yang langsung diberi perusahaan berupa hasil pengamatan setempat dan perolehan dokumen perusahaan serta wawancara langsung pada 6 orang 1 pimpinan dan 5 karyawan.. Teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan CV.Antar Saudara dalam rangka meningkatkan ekspor kopi adalah dengan menerapkan marketing mix yaitu seperti product, price, place, dan promotion. Harganya relatif murah dan sangat terjangkau, Harga yang cukup terjangkau dan memiliki berbagai macam harga tergantung pada grade, untuk strategi distribusi atau tempat memiliki lokasi strategis yang mudah dijangkau baik jalur darat maupun laut, strategi produk yaitu berupa biji kopi unggulan grade 2, 3, 4 5 dan dengan tingkat kecacatan yang minim, strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan penjualan personal atau promosi langsung (personal selling) dengan media digital yaitu email, facebook dll. Menurut Persfektif Ekonomi Islam implementasi strategi pemasaran CV.Antar Saudara sudah sesuai dengan pemasaran Islam Sebagia besar konsep pemasaran Islam telah sesuai yaitu dari segi produk selalu besikap jujur dan mengedepankan kualiatas produk. Dari segi harga menetapakan harga sesuai dengan kualitas produk kemudian dari tempat/saluran distribusi yaitu memberikan rasa nyaman dan akses yang mudah dijangkau oleh para konsumen, dan dari segi promosi selalu menekankan pada etika dalam bisnis, tidak melakukan curang, tidak menjual produk yang diharamkan oleh agama, tidak pernah memaksa konsumen untuk membeli produknya, tidak menjelekkan bisnis orang lain dalam memasarkan produknya. Kata Kunci: Analisis strategi pemasaran, ekspor kopi, persepktif islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2021 05:22
Last Modified: 15 Sep 2021 05:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15741

Actions (login required)

View Item View Item