EKSPLORASI BIOGRAFI TOKOH PENDIDIKAN NASIONAL SEBAGAI SUMBER NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SAINS

Sandra, Komala (2021) EKSPLORASI BIOGRAFI TOKOH PENDIDIKAN NASIONAL SEBAGAI SUMBER NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SAINS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB I & BAB II.pdf] PDF
Download (800kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai karakter apa saja yang ada dari tokoh-tokoh pendidikan Nasional dalam biografi Ki Hajar Dewantara, K.H Ahmad Dahlan dan K.H Hasyim Ashari, (2) mendeskripsikan apa yang melatarbelakangi terbentuknya karakter-karakter yang dimiliki Ki Hajar Dewantara, K.H Ahmad Dahlan dan K.H Hasyim Ashari sehingga karakter-karakter tersebut bisa dijadikan sebagai sumber nilai karakter dalam pembelajaran Sains dan, (3) mengetahui bagaimana kerelevanan nilai-nilai karakter dari tokoh pendidikan Nasional dalam pembelajaran sains. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, peneliti mengumpulkan data melalui beberapa literatur buku, jurnal dan artikel. Adapun langkah dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data dari buku, jurnal dan artikel, analisis data yang ditemukan, dan membuat simpulan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan (1) terdapat nilai karakter dalam biografi tokoh pendidikan Nasional yaitu : Ki Hajar Dewantara memiliki beberapa nilai karakter seperti Pekerja keras, pemberani, inovatif, cinta tanah air, semangat kebangsaan, pantang menyerah dan demokratis. K.H Ahmad Dahlan memiliki beberapa nilai karakter yaitu : Rasa ingin tahu, sikap terbuka, mampu memcahkan masalah, dan peduli sosial. K.H Hasyim Asy’ari memiliki nilai karakter Toleransi, rasa ingin tahu, ikhlas, pantang menyerah, cinta damai, berhati-hati, semangat kebangsaan dan bertanggung jawab. (2) latar belakang terbentuknya nilai karakter yang dimiliki Ki Hajar Dewantara ialah berdasarkan pengalaman yang beliau alami semasa kecil dimana tidak adanya kesetaraan dalam pendidikan bagi semua kalangan, K.H Ahmad Dahlan adalah ajaran dari keluarganya dan berdasarkan pengalaman memperdalam ilmu agamanya, dan K.H Hasyim Asy’ari ialah ajaran keluarga dan disaat beliau memperdalam ilmu agamanya. (3) terdapat relevansi antara nilai karakter yang dimiliki oleh tokoh pendidikan Nasional dengan pembelajaran sains. Kata Kunci : Biografi, Karakter, Sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2021 05:10
Last Modified: 15 Sep 2021 05:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15739

Actions (login required)

View Item View Item