PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) BERBANTUAN ALAT PERAGA EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

TAAT, HERLIANA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) BERBANTUAN ALAT PERAGA EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI TAAT HERLIANA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra survey di SMA N 1 Negerikaton diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih rendah. Hal tersebut diketahui karena ada beberapa indikator dari kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis yang belum dikuasi peserta didik, terlihat dari cara peserta didik mengerjakan soal, yakni dalam kemampuan pemahaman konsep masih banyak peserta didik yang kebingungan dalam menyimpulkan apa yang dipelajari, peserta didik belum mampu menyelesaikan soal dengan benar sesuai tahapan-tahapan yang diberikan pendidik, banyak peserta didik yang hanya mengetahui rumus tetapi tidak untuk penerapan konsep. Tidak hanya pemahaman, dalam kemampuan komunikasi matematis juga terlihat bahwa peserta didik merasa takut dan tidak percaya diri dalam mengkomunikasikan idenya baik secara lisan maupun tulisan, peserta didik juga belum mampu memodelkan ide-ide dengan menggunakan tulisan baik secara konkrit, gambar maupun grafik. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science berbantuan alat peraga edukatif terhadap kemampuan pemahaman konsep. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science berbantuan alat peraga edukatif terhadap kemampuan komunikasi matematis. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science berbantuan alat peraga edukatif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental Design dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA N 1 Negerikaton. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas dimana kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji One-way Multivariate Analysis of Varians dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science berbantuan alat peraga edukatif terhadap kemampuan pemahaman konsep. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science berbantuan alat peraga edukatif terhadap kemampuan komunikasi matematis. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science berbantuan alat peraga edukatif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunilasi matematis. Kata Kunci : Children Learning In Science, Alat Peraga Edukatif, Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2021 05:01
Last Modified: 15 Sep 2021 05:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15737

Actions (login required)

View Item View Item