PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) DENGAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA

Novita, Sari (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) DENGAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) DENGAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA Oleh Novita Sari 1711050084 Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan bagian yang penting dalam matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Al Huda Jatiagung masih rendah. Hal ini dikarenakan kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran, sehingga diperlukannya inovasi baru untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POGIL dengan Strategi Quick on The Draw dan minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quays experimental dengan desain yang digunakan adalah posttest only control. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Al Huda Jatiagung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.A1 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas VIII.A2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran POGIL dengan Strategi Quick on The Draw. Teknik pengambilan sampel menggunakan acak kelas. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket minat belajar. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Dari hasil analisis diperoleh nilai P-value = 0,000 < 0,05 sehingga H0A ditolak, nilai P-value = 0,178 > 0,05 sehingga H0B diterima, nilai P-value = 0,879 > 0,05 sehingga H0AB diterima. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran POGIL dengan Strategi QOTD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (2) Tidak terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran POGIL dengan Strategi Quick on The Draw dan minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran POGIL dengan Strategi Quick on The Draw, Minat Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:54
Last Modified: 15 Sep 2021 04:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15736

Actions (login required)

View Item View Item