PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG

NITA, ERVINAWATI (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Masyariqul Anwar. Penelitian ini dilaksanakan pada seluruh peserta didik kelas IV di MI Masyariqul Bandar Lampung tahun ajaran 2020/ 2021, dengan jumlah populasi 40 peserta didik. Sampel penelitian yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan metode pembelajaran Picture And Picture, kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design, Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Postest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Instrument tes yang digunakan yaitu pilihan ganda (multi choice). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji N-Gain dan uji homogenitas dengan uji Anova. Dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan uji-t independent dengan menggunakan bantuan program SPSS Statistik 17.0. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan bantuan program SPSS 17.0 dengan perhitungan uji t dengan taraf signifikasi 0.000. jika nilai signifikan (2-tailed) < 0.05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut bahwa terdapat pengaruh hasil belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran Picture And Picture dibanding dengan model pembelajaran konvensional di kelas IV MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:30
Last Modified: 15 Sep 2021 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15722

Actions (login required)

View Item View Item