COPING STRESS IBU RUMAH TANGGA DALAM MENGHADAPI KEBIJAKAN BELAJAR DARING DI KELURAHAN SAUNG NAGA KECAMATAN BATURAJA BARAT KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

AMIRUL, WA’ASHIL (2021) COPING STRESS IBU RUMAH TANGGA DALAM MENGHADAPI KEBIJAKAN BELAJAR DARING DI KELURAHAN SAUNG NAGA KECAMATAN BATURAJA BARAT KABUPATEN OGAN KOMERING ULU. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI AMIRUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Semenjak adanya Covid-19 ibu rumah tangga mengalami peningkatan kegiatan yang ada di rumah mengakibatkan ibu rumah tangga mengalami stress karena Covid-19 dan semua aktivitas pembelajaran dilakukan secara daring, kebijakan pembelajaran daring dapat membuat beberapa ibu rumah tangga di RT/RW 9/2 mengalami tingkat stress yang tinggi masalah utama sering marah dikarenakan susah membimbing anaknya dalam melakukan pembelajaran melalui media daring, ada juga sampai memukul dikarenakan anak yang susah disuruh belajar, minimnya pengetahuan ibu tentang teknologi gadget, sinyal internet yang kurang stabil dan ekonomi yang semakin sulit pasca terjadinya pandemi covid-19 di Indonesia. Berdasarkan diatas peneliti tertarik mengambil judul penelitian yang berjudul Coping Stress Ibu Rumah Tangga Dalam Menghadapi Kebijakan Pembelajaran Daring Di Kelurahan Saung Naga Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui masalah yang dihadapi ibu rumah tangga dengan diberlakukannya kebijakan belajar daring akibat pandemi covid-19 di Kelurahan Saung Naga Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu. Untuk mengetahui bagaimana ibu rumah tangga menghadapi adanya kebijakan stress di Kelurahan Saung Naga Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jenis penelitian ini adalah field reaserch atau penelitian lapangan sifatnya deskriptif kualitatif. Jumlah sampel dari penelitian ini adalah 10 orang ibu rumah tangga. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode miles & hubermen yaitu data reduction, data display, verification, dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan Purposive sampling. Hasil Kesimpulannya coping stress sangat dibutuhkan oleh ibu rumah tangga dalam menghadapi kebijakan belajar daring supaya mampu mengontrol emosi saat mendampingi dan membimbing anak dalam melakukan pembelajaran daring dan juga dalam mengatasi krisis ekomoni pasca Covid-19. Dengan melakukan coping stress, ibu rumah tangga mampu mengontrol emosinya sehingga mampu melakukan semua tugasnya dengan baik. Selain itu, cara yang bisa diterapkan ii oleh ibu rumah tangga dalam membimbing anaknya di tengah sistem sekolah daring ini dengan menggunakan, (1) Problem focused coping (PFC), yaitu mempertimbagkan beberapa alternatif pemecahan masalah, meminta pendapat orang lain, individu membuat tindakan secara langsung. (2) Emosional focused coping (EFC), yaitu bentuk coping yang diarahkan untuk mengatur respon emosional terhadap situasi yang menekan. Bahwa jika seseorang dihadapkan dengan sebuah permasalahan yang dianggap tidak mampu diselesaikan maka mengatur emosinya merupakan salah satu solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan. Jadi individu menghindari masalah yang tidak menyenangkan dalam diri yang dianggap tidak mampu diselesaikan, maka mengatur emosi dapat mengurangi permasalahan dalam diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:04
Last Modified: 15 Sep 2021 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15714

Actions (login required)

View Item View Item