STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARURROHMAN MULYA KENCANA KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

ENDAH, SURYANTI (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARURROHMAN MULYA KENCANA KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pondok pesantren Darurrohman berdiri tahun 2000 an, dari awal berdiri hingga sampai sekarang pondok pesantren tersebut dipimpin oleh Kyai M. Duri Abdul Karim, S.Pd.I. Terlebih saat ini pesantren sudah bertransformasi menjadi sebuah lembaga pendidikan modern, Tidak hanya lembaganya yang memiliki manajemen yang terbuka, namun juga lokasinya yang membuat siapapun akan betah berlama�lama tinggal di lingkungan pesantren. Masing-masing pondok pesantren memiliki strategi khusus dalam menjaring pasar mereka, serta bersaing untuk merekrut para santri dengan strategi pemasaran yang berbeda-beda, strategi dan penentuan marketing mix yang tepat akan mempermudah suatu lembaga untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan kegiatan pemasaran produk dan jasa secara lebih baik. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah santri di Pondok Pesantren Darurrohman Mulya Kencana? Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah santri yang di gunakan Pondok Pesantren Darurrohman Mulya Kencana. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriptif. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data primer dan dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tiga alur kegiatan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Kemudian untuk menguji keabsahan dari data penelitian ini, peneliti menggunakan teknik triangulasi yang mengutamakan efektivitas proses dan hasil yang diinginkan. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Darurrohman dalam meningkatkan jumlah santri adalah dengan menggunakan strategi dalam bauran pemasaran yang meliputi: strategi produk yakni Pondok Pesantren Darurrohman dilihat dari segi keilmuan Kiai yang menjadi panutan masyarakat serta mempunyai pengalaman yang luas dalam berdakwah, Pondok Pesantren ii Darurrohman juga menonjolkan ciri khas salafiyah murni, kemudian prestasi santri Pondok Pesantren Darurrohman yaitu memiliki hafalan Al-Qur‟an dan prestasi santri lainnya yaitu dibidang seni hadroh yang mempunyai kontribusi dalam mengenalkan Pondok Pesantren Darurrohman kepada masyarakat. Strategi Harga Pondok Pesantren Darurrohman yaitu dengan menetapkan standar biaya ringan serta pengasuh Pondok Pesantren Darurrohman mempersilahkan bagi santri yang ingin bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan pangan santri sehari-harinya. Strategi tempat yaitu Pondok Pesantren Darurrohman cukup mudah dijangkau oleh kendaraan, baik kendaraan roda empat maupun roda dua, serta memiliki infrastruktur yang cukup strategis dan mudah diakses sesuai target pemasaran yang dituju. Strategi yang dipakai dalam mempromosikan yaitu promosi menggunakan media sosial baik media luar (Outdoor Promotion) maupun iklan (Advertisting), promosi melalui media dakwah, dan promosi melalui alumni santri. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Jumlah Santri, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:47
Last Modified: 15 Sep 2021 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15712

Actions (login required)

View Item View Item