PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (Science, Environment, Technology And Society) BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIRKRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELASX

ELLA KHOIRIA, AZIZAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (Science, Environment, Technology And Society) BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIRKRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELASX. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ELLA KHOIRIA A .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (Science, Environment, Technology And Society) BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIRKRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X Oleh Ella Khoiria Azizah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik pada pembelajaran Biologi di X SMAS Hidayatul Muslihin Negara Batin, Waykanan. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS ( Science, Environment, Tecnology, Society) berbasis mind mapping terhadap berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik kelas X SMAS Hidayatul Muslihin Negara Batin, Waykanan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan post test only control design. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAS Hidayatul Muslihin Negara Batin, Waykanan . Sampel yang dgunakan dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 untuk kelas eksperimen dan X IPA 1 untuk kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes, angket, dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan yaitu MANOVA, Berdasarkan hasil uji analisis dua jalan sel tak sama diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran SETS berbasis mind mapping terhadap kemampuan berfikir kritis (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran SETS berbasis mind mapping terhadap Sikap ilmiah. Kata Kunci : Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society), Mind mapping, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:34
Last Modified: 15 Sep 2021 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15708

Actions (login required)

View Item View Item