UJI STABILITAS FISIK FORMULA KRIM OIL IN WATER (O/W) DARI KOMBINASI EKSTRAK KUNYIT (Curcuma longa L.) DAN EKSTRAK ALGA HIJAU (Haematococcus pluvialis) SEBAGAI TABIR SURYA

WAHYUNITA, SARI (2021) UJI STABILITAS FISIK FORMULA KRIM OIL IN WATER (O/W) DARI KOMBINASI EKSTRAK KUNYIT (Curcuma longa L.) DAN EKSTRAK ALGA HIJAU (Haematococcus pluvialis) SEBAGAI TABIR SURYA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL WAHYU NITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, namun paparan sinar matahari yang tinggi juga dapat mengakibatkan masalah kulit seperti eritema, peradangan dan yang paling buruk mengakibatkan kanker kulit. Salah satu cara untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yaitu dengan menggunakan tabir surya. Senyawa kurkumin pada tanaman kunyit dan senyawa astaxaxntin dari alga hijau (Haematococcus pluvialis) memiliki gugus kromofor (ikatan rangkap terkonjugasi) yang mampu melindungi jaringan dari kerusakan akibat radiasi sinar matahari dan mampu menyerap sinar UV A dan UV B. Sediaan krim dibuat lima formula dengan konsentrasi kombinasi ekstrak kunyit dan alga hijau Haematococcus pluvialis dengan pebandingan ekstrak 1:3. F0 (basis krim) tanpa konsentrasi ektstrak kunyit dan alga hijau Haematococcus pluvialis, F1 dengan konsentrasi ekstrak (0,5%), F2 (2%), F3 (3,5%) dan F4 (5%). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kelima formula memenuhi syarat mutu dari karateristik fisik yaitu uji organoleptis, uji pH, uji homogenitas, uji iritasi dan uji daya sebar. Namun untuk uji daya lekat belum memenuhi syarat mutu karena daya lekat kelima sediaan krim kurang dari 4 detik. Kata kunci: Sediaan krim, Ekstrak kunyit dan Ekstrak alga hijau (Haematococcus pluvialis), Evaluasi krim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:24
Last Modified: 15 Sep 2021 02:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15707

Actions (login required)

View Item View Item