KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Sri, Lestari (2021) KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover bab 1 dan 2 dan dapus sri.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of disertasi sri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan/ kompetensi sering disebut sebagai sekumpulan pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai sebagai kinerja yang berpengaruh terhadap peran, perbuatan, prestasi serta pekerjaan seseorang. Dengan demikian kompetensi dapat diukur dengan standar umum serta dapat ditingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Bagaimana Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri sebagai peran konseptual, hubungan kemanusian, ketrampilan pengajaran, ketrampilan tehnis, ketrampilan kognitif di Madrasah Tsanawiyah Negeri kabupaten Lampung Selatan?”. Sesuai dengan rumusan masalah diatas maka tujuan dari penelitan ini untuk mendeskripsikan kemampuan manajerial kepala madrasah sebagai peran konseptual, hubungan kemanusian, ketrampilan pengajaran, ketrampilan tehnis, ketrampilan kognitif di Madrasah Tsanwiyah Negeri Kabupaten Lampung Selatan. Dengan demikian penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis rancangan studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan dua tahap yaitu: analisis data kasus individu dan analisis data lintas kasus. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, dan karyawan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, kemampuan konseptual kepala madrasah mampu menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan, mengembangkan organisasi madrasah sesuai dengan kebutuhan, memimpin madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya madrasah secara optimal, memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di madrasahnya, mampu merencanakan Menciptakan iklim madrasah yang kondusif. Kedua, kemampuan hubungan kemanusian kepala Madrasah salah satunya melakukan kegiatan merencanakan program kerja bersama guru, dan melaksanakan program tersebut, mengatur dan mengorganisasikan kegiatan guru, mengerjakan atau mengarahkan pelaksanaan kegiatan itu kearah pencapaian tujuan organisasi, Melibatkan guru-guru dalam pengambilan keputusan Ketiga, kemampuan ketrampilan pengajaran Kepala madrasyah yaitu Kepala madrasah memiliki banyak ketrampilan seperti penguasaan pelajaran yang terkini atas penguasaan bahan yang harus diajarkan. Keempat, kemampuan tehnis kepala madrasah juga memiliki pengetahuan khusus dalam memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada dengan baik. Kelima, kemampuan kognitif kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Lampung Selatan telah memiliki kognitif yang baik, ini terbukti dari visi dan misi yang dibuat, tujuan dan program kerja yang dibuat. Dengan demikian temuan penelitian ini memberikan penjelasan bahwa kemampuan manajerial kepala madrasah telah baik yang mencakup input, proses dan outputnya sudah sesuai dengan kompetensi manajerial kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Lampung Selatan Kata Kunci: Kemampuan Manajerial6 ABSTRACT Ability or Competence is sets of knowledge, skills, attitudes and values as performance that affects the role, deeds, achievements and work. Thus competence can be measured to a general standard and can be improved through education and training. The formulation of problems in this study is: "How is the Managerial Ability of the head master of the state madrasah tsanawiyah as a conceptual role, human relations, teaching skills, technical skills, cognitive skills in of the state Madrasah Tsanawiyah Lampung Selatan"? the purpose of this research is to describe the managerial ability of the head master of madrasah as a conceptual role, human relations, teaching skills, technical skills, cognitive skills in Madrasah Tsanwiyah State of South Lampung. This study uses a qualitative descriptive approach, with the type of case study design. Data collection techniques are: Observation, interview and documentation. Then the data is analyzed with : analysis of individual case data and cross-case data analysis. While the data sources in this study are: head master, Vice of head master, Teachers, and employees. The results of this research are: First, the conceptual ability, the Head of madrasah is able to arrange madrasah planning for various levels of planning, to develop madrasah organization according to needs, to lead madrasah to optimally utilization of madrasah resources, have the strategy to improve the performance of educational personnel in the madrasah, Able to plan to create a conducive madrasah climate. Second, the ability of human relations head Madrasah one of them to plan a work program with teachers, and implementasion the program, manage and organize teacher activities, work or direct the implementation of the activity to organizational goals, Involve teachers in decision making. The three teaching skills of the Head of Madrasyah, the Head of madrasah have many skills such as all lessons and the mastery of teaching materials. The four technical capabilities, the head of madrasah also have special knowledge in utilizing existing facilities and infrastructure well. The five cognitive abilities, the head of Madrasah Tsanawiyah Lampung Selatan have been well cognitive, from the vision and mission made, and than the goals and work programs made. Thus this research explanation that the Head of madrasah is able to improve the quality of learning that includes inputs, processes and outputs the head of Madrasyah Tsanawiyah state of Lampung Selatan have the ability to managerial competence Keywords: Managerial Ability7 جضجنا ضخلاي ءادلأك خًٛمنأ فلإًنأ داسبًٓنأ فسبؼًنا ٍي خػًٕزي بَٓأ حءبفكنا ٔا حسذمنا ٗنئ حءبفكنا سبٛل ٍكًٚٔ .ّهًػٔ ّتاصبزَئٔ ّنبؼفأٔ ضخشنا سٔد ٗهػ شحإٚ ٘زنا :ْٙ ٙف جضجنا خهئسي .تٚسذتنأ ىٛهؼتنا للاخ ٍي ُّٛسضت ٍكًٚٔ وبػ ٖٕتسي دبللاؼنأ ،ىًٛظتك خٛيٕكضنا خَٕٚبخنا خسسذًنا سٛئشن خٚسادلإا حسذمنا فٛك" ٙف خٛفشؼًنا داسبًٓنأ ،خُٛمتنا داسبًٓنأ ،سٚسذتنا داسبٓئ ،خَٛبسَلإا حسٕكزًنا جضجنا خهئسًن بمفٔٔ .؟"خٛثَٕبزنا ؾَٕجيلا خٛيٕكضنا خَٕٚبخنا خسسذًنا خسسذًنا سٛئشن خٚسادلإا حسذمنا فطٔ ْٕ جضجنا ازْ ٍي عشغنا ٌاف ،ِلاػأ ،خًٛٛهؼتنا داسبًٓنأ ،خَٛبسَلإا دبللاؼنأ ،خًًٛٛظتنا اسٔد بْسبجتػبث ؾَٕجيلا خٛيٕكضنا خَٕٚبخنا خسسذًنا ٙف خٛفشؼًنا داسبًٓنأ ،خُٛمتنا داسبًٓنأ .ٙثُٕزنا غًر واذختسأ ، ٙفطٕنا جضجنأ حششبجًنا خظصلاًنا ثٕضجنا ازْ وذختست مٛهضت ىتٚ ىح .كٛحٕتنأ ،دلاثبمًنأ ،خظصلاًنا :ْٙ جضجنا ازْ ٍي دبَبٛجنا دبَبٛجنا مٛهضتٔ خٚدشفنا دلابضنا دبَبٛث مٛهضت :بًْٔ ،ٍٛتهصشي ٗهػ دبَبٛجنا ةإَٔ ،خسسذًنا سئس :ْٙ جضجنا ازْ ٙف دبَبٛجنا سدبظي بًُٛث .دلابضنا شجػ .ٍٛفظًٕنأ ،ًٍٛهؼًنأ ،خسسذًنا تٛتشت ٗهػ سدبل خسسذًنا سٛئس ،خٚشظُنا حسذمنا ،الوأ :ثٕضجنا ِزْ ذئبتَ بمفٔ خسسذًنا ىٛظُت شٕٚطتٔ ،طٛطختنا دبٕٚتسي فهتخًن خسسذًنا طٛطخت خٛزٛتاشتسا ّٚذن .حذٛر حسذل خٚبػس ٙف خسسذًنا سٛئس ٙػشٚ ،دبربٛتصلان خنبص كهخن طٛطختنا ٗهػ حسدبل ًّٛهؼت ٙف ًٍٛهؼًنا حسذل ٍٛسضتن خضٛضط غي طٛطختنا خيبلبك ,خَٛبسَلإا دبللاؼنا ٙهػ خسسذًنا سٛئس حسذل ،بَٛبح.خسسذًنا طبشُنا زٛفُتنا ٔأ مًؼنأ ،ًٍٛهؼًنا خطشَأ ٙهػ ًّٛظُتٔ ، ِزٛفُتٔ ،ًٍٛهؼًنا ,ىٛهؼتنا داسبٓي ٙهػ خسسذًنا سٛئس حسذل ,بخنبح ،خًٛٛظُتنا فاذْلأا ةبؼتسبث سٛئس حسذل ,بؼثاس .بٓسٚسذت تزٚ ٙتنا حذٚذزنا خًٛٛهؼتنا حدبًنا ىٛٓفت حسذل ْٙٔ واذختسا ٙف خطبخ خفشؼي ٙهػ خسسذًنا سٛئس حسذل ,خٛزتاشتسلاا ٙهػ خسسذًنا ٙهػ خسسذًنا سٛئس حسذل ,بسيبخ .اذٛر خًئبمنا خٛسبسلأا مكبٛٓنأ كفاشًنا كضتسٚ ٙثُٕزنا ؾَٕجيلا خٛيٕكضنا خَٕٚبخنا خسسذًنا سٛئشن ,ًٙٛهؼتنا ٙكاسدلاا فاذْلأأ ،بْؤاشرئ ىت ٙتنا خًًٓنأ خٚؤشنا ٍي شضأ ازْٔ ,ذٛزنا ناسدلاا سٛئس ٌأث بصشش ٙخضجنا عبًترلاا ازْ وذمٚ ازكْٔ.بْؤاشرئ ىت ٙتنا مًؼنا ذياشثٔ دبٛهًؼنأ دلاخذًنا مًشت ٙتنا ىهؼتنا خٛػَٕ ٍٛسضت ٗهػ سدبل خسسذًنا خٛيٕكضنا خَٕٚبخنا خسسذًنا سٛئشن خٚسادلإا حءبفكنا غي كفتت ٙتنا دبرشخًنأ ٙثُٕزنا ؾَٕجيلا خٚسادلإا حسذمنا :خٛسٛئشنا دبًهكنا

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:23
Last Modified: 14 Sep 2021 05:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15705

Actions (login required)

View Item View Item