PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN LAMPUNG UTARA

SITI, KHARIMAH (2021) PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN LAMPUNG UTARA. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover Bab I, II + Dapus Disertasi.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of DISERTASI TERBUKA KHARIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh : Siti Kharimah Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sekolah Dasar Kabupaten Lampung Utara yang diarahkan pada kompetensi guru diharapkan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas guru. pengembangan sumber daya manusia untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi. Tujuan penelitian ini untuk melihat pelaksanaan, evaluasi, dan dampak pengembangan sumber daya manusia pada guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar Kabupaten Lampung Utara. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah .analisis deskriptif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah : 1) Pelaksanaan pengembangan SDM guru PAI di Sekolah Dasar Kabupaten Lampung Utara melalui peningkatan kompetensi guru PAI dilakukan dengan berbagai bentuk antara lain: Aktif dalam kegiatan KKG, Pelatihan, Workshop, baik yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota maupun LPMP, 2) Evaluasi pengembangan SDM guru PAI di Sekolah Dasar Kabupaten Lampung Utara dilakukan kepala sekolah lewat kegiatan supervisi dan rapat rutin yang dilakukan oleh seluruh guru, serta memberikan motivasi dan dorongan kepada guru, agar senantiasa mengembangkan dan meningkatkan kompetensinnya, 3) Dampak pengembangan sumber daya manusia pada guru PAI di Sekolah Dasar Kabupaten Lampung Utara guru lebih variatif, kreatif dan produktif. Peneliti memberikan rekomendasi Pengembangan Kompetensi Religius Guru PAI dimaksudkan sebagai usaha dari pimpinan untuk menambah keahlian kerja tiap pegawai sehingga dalam melaksanakan tugas-tugasnya dapat lebih efisien dan produktif. Oleh karena itu organisasi perlu terus melakukan pengembangan SDM, karena investasi di dalam pengembangan SDM merupakan pengeluaran yang ditunjukkan untuk memperbaiki kapasitas produktif dari manusia. Agar terbentuk 5 Kompetensi guru PAI yaitu : Kompetensi Pedagogik Religius, Kompetensi Profesional Religius, Kompetensi Sosial Religius, Kompetensi Personal Religius, Kompetensi Literasi. Kata kunci : Pengembangan, Sumber Daya Manusia, Guru Pendidikan Agama Islam viiABSTRACT By: Siti Kharimah The development of Human Resources (HR) in Elementary Schools in North Lampung Regency which is directed at teacher competence is expected to increase the quantity and quality of teachers. human resource development to anticipate changes that occur. The purpose of this study was to see the implementation, evaluation, and impact of human resource development on Islamic Religious Education teachers. This research is a type of field research using a qualitative approach. The research locations are Elementary Schools in North Lampung Regency. Data collection techniques by means of observation, interviews, and documentation. The data analysis carried out is descriptive analysis with an interactive analysis model. The results of this study are: 1) Implementation of the development of PAI teacher human resources in Elementary Schools throughout North Lampung Regency, increasing the competence of PAI teachers is carried out in various forms, including: Active in KKG activities, training, workshops, both organized by the City Education Office and LPMP, 2) Evaluation of the development of PAI teacher human resources in elementary schools throughout North Lampung Regency is carried out by the principal through supervision activities and routine meetings conducted by all teachers, as well as providing motivation and encouragement to teachers, so that they always develop and improve their competence, 3) Impact of resource development Human resources for PAI teachers at Elementary Schools in North Lampung Regency are more varied, creative and productive. Researchers provide recommendations for Religious Competency Development for PAI Teachers, which is intended as an effort from the leadership to increase the work skills of each employee so that in carrying out their duties they can be more efficient and productive. Therefore, organizations need to continue to develop human resources, because investment in human resource development is an expenditure that is shown to improve the productive capacity of humans. In order to form 5 PAI teacher competencies, namely: Religious Pedagogic Competence, Religious Professional Competence, Religious Social Competence, Religious Personal Competence, Literacy Competence. Keywords: Development, Human Resources, Islamic Religious Education Teachers. viiiديرتج ةميرك يتيس ةيعونو ةيمك ةدياز لىإ ملعلما ةءافك ىلع ميلعتلا ةدحو هب موقت يذلا ةيرشبلا دراولما ريوطت عقوتلما نم يدؤي نأ ذيفنت ةيؤر وه ةساردلا هذه نم ضرغلا ناك .ثدتح تيلا تايريغتلا عقوتل ةيرشبلا دراولما ةيمنت هيجوت متي .ينملعلما field ( نياديم ثبح وه ثحبلا اذه. ةيملاسلإا ةينيدلا ةيبترلا يملعم ىلع ةيرشبلا دراولما ةيمنت يرثتأو مييقتو عجم تاينقت و .ةيلامشلا جنوبملا يسنيجر في ةيئادتبلاا سرادلما في ثحبلبا ماقي .يعون جهنم مادختسبا )research .قيثوتلاو تلاباقلماو ةبقارلما يه تناايبلا سرادلما في ةيملاسلإا ةينيدلا ةيبترلا يملعم في ةيرشبلا دراولما ةيمنت ذيفنت نأ )١ :يه ةساردلا هذه جئاتن ةطشنأ للاخ نم متي ةيملاسلإا ةينيدلا ةيبترلا يملعم ةءافك ةيقرت للاخ نم ةيلامشلا جنوبملا يسنيجر في ةيئادتبلاا ينملعلما لمع ةعوممج ةطشنأ في طاشنلا لثم ةيميلعتلا ةدولجا نامض ةسس ؤمو ةنيدلما ميلعت بتكم اهمظن ةفلتمخ في ةيملاسلإا ةينيدلا ةيبترلا يملعم في ةيرشبلا دراولما ةيمنتل مييقتلبا سرادلما وريدم ماق (٢ .لمعلا ةشروو بيردتلاو عيجم ابه ماق تيلا ةينيتورلا تاعامتجلااو فارشلإا ةطشنأ للاخ نم ةيلامشلا جنوبملا يسنيجر في ةيئادتبلاا سرادلما يملعم في ةيرشبلا دراولما ةيمنت ةيمنت )٣ .اهنيستحو متهاءافك ريوطت ىلع ينملعلما نو عجشي و نو زفيح مهو .ينملعلما اعًونت رثكأ ينملعملل ميلعتلا قرط تلعج ةيلامشلا جنوبملا يسنيجر في ةيئادتبلاا سرادلما في ةيملاسلإا ةينيدلا ةيبترلا لمعلا تاراهم ةديازل ريدم دهجك ةيملاسلإا ةينيدلا ةيبترلا يملعلم ةينيدلا ةءافكلا ةيمنتل ة يصوت ثحابلا مدقي .اعًادبإو د راولما ريوطت في رارمتسلاا لىإ تامظنلما جاتتح ،كلذل .ةيجاتنإو ةءافك رثكأ لكشب هتابجاو يدؤي ثيبح فظوم لكل تاءافك 5 كانه .ةيرشبلا ةيجاتنلإا ةردقلا ينستح لىإ فدهي ةيرشبلا دراولما ةيمنت في رامثتسلاا نلأ ،اهتيمنتو ةيرشبلا ةيعامتجلاا تاءافكلاو ،ةينيدلا ةينهلما تاءافكلاو ،ةينيدلا ةيوبترلا تاءافكلا يهو ةيملاسلإا ةينيدلا ةيبترلا يملعلم .ةيملأا ومح تاءافكو ،ةينيدلا ةيصخشلا تاءافكلاو ،ةينيدلا ةيملاسلإا ةينيدلا ةيبترلا يملعم ،ةيرشبلا دراولما ،ةيمنتلا :ةيحاتفلما تاملكلا

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:06
Last Modified: 14 Sep 2021 05:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15703

Actions (login required)

View Item View Item