PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD/MI

HARUM, SETYA RINI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI HARUM SETYA RINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi karena hanyamenggunakan bahan ajar buku paket, isi dan gambar pada buku paket masih menggunakan nuansa dan pola lama dapat ditemui dari beberapa bagian dalam buku tersebut, gambar yang terdapat pada isi buku paket tidak bewarna cerah dan tegas, dan kualitas bahan pada buku paket mudah rusak, tergulung dan robek. Sehingga dikembangkannya media pembelajaran buku cerita bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar kelas IV SD/MI untuk mempermudah pemahaman materi dan minat belajar peserta didik, 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran buku cerita bergambar pada tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV SD/MI pada penilaian dari pakar bahasa, materi dan pakar media, 3) untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran buku cerita bergambar pada tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV SD/MI.Penelitian yang dilakukan oleh penulis, yaitu penelitian Research And Depelopment (R&D) dengan menggunakan langlah-langkah ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analisis, design, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.Buku cerita bergambar pada tema peduli terhadap makhluk hidup memperoleh nilai rata-rata dari ahli bahasa 87% kriteria sangat layak, memperoleh nilai rata-rata dari ahli materi 96% dengan kriteria sangat layak, memperoleh nilai rat-rata dari ahli media 96% dengan kriteria sangat layak dan penilaian pendidik sebesar 92% kriteria sangat layak. Respon peserta didik pada buku cerita bergambar pada uji coba skala kecil SD N 3 Way Urang 86% dengan kriteria sangat menarik. Uji coba skala besar MIN 2 Bandar Lampung memperoleh nilai persentase 91% dengan kriteria sangat menarik. Hal ini menunjukan bahwa media buku cerita bergambar yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci:Media Pembelajaran, Buku Cerita Bergambar, Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:57
Last Modified: 14 Sep 2021 04:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15702

Actions (login required)

View Item View Item