PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN BANK TERHADAP MINAT TRANSAKSI DI BANK SYARIAH PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (Studi pada Bank Syariah Mandiri Payment Point UIN Raden Intan Lampung) Skripsi

Reza, Ahmad Abdilla (2017) PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN BANK TERHADAP MINAT TRANSAKSI DI BANK SYARIAH PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (Studi pada Bank Syariah Mandiri Payment Point UIN Raden Intan Lampung) Skripsi. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah kinerja suatu bank, yaitu ditentukan oleh seberapa baiknya suatu bank dalam menyediakan fasilitas dan pelayanannya sehingga dapat meningkatkan minat pada nasabah atau calon nasabah untuk bertransaksi di Bank. Fasilitas merupakan penampilan, kemampuan sarana prasarana dan keadaan lingkungan sekitarnya dalam menunjukkan eksistensinya kepada eksternal yang meliputi fasilitas fisik (gedung) perlengkapan dan peralatan. Yang termasuk fasilitas dapat berupa alat, bendabenda, perlengkapan, uang, ruang tempat kerja. Pelayanan adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh fasilitas dan pelayanan terhadap minat transaksi di Bank Syariah Mandiri Payment Point UIN Raden Intan Lampung secara parsial dan simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang penerapan fasilitas dan pelayanan Bank Syariah Mandiri Payment Point UIN Raden Intan Lampung serta pengaruhnya terhadap minat transaksi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana cara meningkatkan minat untuk bertransaksi di Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekeatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), yang bersifat asosiatif yaitu penelitian yang memiliki sifat hubungan antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalaha seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2013- 2016 berjumlah 2597 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan proportionate stratified random sampling yang didapat sampel 100 orang. serta alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 16.0. Penelitian ini dilakukan dalam kurun waktu 1 bulan pada bulan April 2017. Berdasarkan hasil penelitian diketahui dengan uji t bahwa fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat transaksi di Bank Syariah dengan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 2,366 > 1,98, pada pelayanan berdasarkan uji t bahwa pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat transaksi di Bank Syariah dengan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 5,323 > 1,98, pada uji F atau uji serempak menunjukkan bahwa F hitung > F tabel bahwa fasilitas dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat transaksi di Bank Syariah dengan nilai 22,373 > 3,09. Menurut koefesien determinasi ditunjukkan oleh R Square adalah sebesar 0,316 atau 31,6% yang berarti bahwa minat transaksi di BSM UIN Raden Intan Lampung dapat dijelaskan oleh variabel fasilitas dan pelayanan dan sisanya sebesar 0,684% atau 68,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain. Artinya semua variabel fasilitas dan pelayanan terhadap minat transaksi di BSM Payment Point UIN Raden Intan Lampung mempunyai pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 09 Oct 2017 03:49
Last Modified: 09 Oct 2017 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1570

Actions (login required)

View Item View Item