PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PESAN DAKWAH DALAM PROGRAM ACARA SIRAMAN QALBU BERSAMA USTAD DANU DI MNCTV ( Studi Desa Tanjung Rejo Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran )

DEVI, SARASWATI (2021) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PESAN DAKWAH DALAM PROGRAM ACARA SIRAMAN QALBU BERSAMA USTAD DANU DI MNCTV ( Studi Desa Tanjung Rejo Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran ). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI DEVI SARASWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of COVER,BAB 1,2, DAPUS  DEVI SARASWATI.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dakwah bisa dilakukan dalam berbagai versi, salah satunya dengan cara berdakwah yang dilakukan oleh Ustad Danu dalam acara siraman Qalbu di MNCTV. Ustad Danu merupakan salah seorang yang berhasil menemukan titik temu antara penyakit jiwa (akhlak yang kurang terpuji) dan penyakit jasmani (fisik/badan) pada manusia. Acara siraman Qalbu yang dibawakan oleh Ustad Danu ternyata memunculkan beberapa persepsi atau tanggapan masing-masing masyarakat mengungkapkan tentang dakwah Ustad Danu diacara siraman qalbu dengan berbagai macam. Dalam hal ini penulis ingin melihat persepsi dari masyarakat tentang dakwah Ustad Danu dengan cara penyembuhan penyakit melalui bacaan do’a oleh ustad danu, dan bacaan sholawat islam dalam penyembuhan penyakit yang diderita oleh jama’ahya atau narasumber yang berkonsultasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan (Purposive Sampling) yaitu orang-orang yang diseleksi atas kreteriakreteria berdasarkan tujuan riset. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini merupakan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tehnik deskriptif kualitatif. Jumlah populasi 116 kemudian diambil sample 10 orang. Dengan menggunakan metode penelitian secara non randomsampling atau non probability yang artinya tehnik pengambilan sample yang tidak semua individu dalam populasi diberi peluang yang sama untuk dipilih menjadi sample. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan menulis menemukan berbagai faktor persepsi diantaranya a) Menarik perhatian, b) mulai mempelajari, c) menerapkan pesan dakwah yang disampaikan oleh ustad danu dalam kehidupan sehari-hari. Serta adanya respon positif dari masyarakat saat ikut mengaminkan do’a dan nasehat ustad danu memberikan ketenangan hati, dan sedikit mengurangi sakit, ketika kita niatkan semua hanya kepada Allah SWT. Pesan dakwah yang disampaikan oleh ustad danu selalu mengingatkan untuk menjaga aidah (keimanan), akhlak (perbuatan), syariah (ibadah). Pesan dakwah yang disampaikan oleh ustad danu dalam acara siraman qalbu di MNCTV menyatakan bahwa dari kesimpulan pesan dakwah yang disampaikan dengan mengikuti tata cara berdoa dengan Ta’awudz, bismillah, hamdallah, dan kemudian sholawat Nabi seperti dalam sholat, lalu memohon ampun atas dosa-dosa yang telah diperbuat, kemudian menyebutkan apa yang diinginkan, diakhiri dengan tasbih, tahmid, tahlil, takbir dan Kun fay yakun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:45
Last Modified: 14 Sep 2021 04:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15698

Actions (login required)

View Item View Item