PENGARUH ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP RATE OF RETURN SAHAM SYARIAH (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2017-2019)

YUNANDA, YUNANDA (2021) PENGARUH ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP RATE OF RETURN SAHAM SYARIAH (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2017-2019). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI YUNANDA CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Informasi kinerja keuangan perusahaan merupakan hal yang cukup penting untuk diketahui oleh perusahaan yang bersangkutan dan pihak-pihak yang yang membutuhkan seperti calon investor. Investor membutuhkan informasi kinerja keuangan perusahaan untuk mendapatkan manfaat dari pengambilan keputusan untuk menentukan investasi saham yang mengutungkan. Return saham merupakan suatu tingkat kembalian yang diharapkan oleh investor atas dana yang diinvestasikannya yang berupa dividen atau capital gain tatkala investor melepas sahamnya dipasar. Untuk mendapatka informasi kinerja keuangan yang baik, maka dilakukan analisis rasio keuangan merupakan instrument analisis prestasi perusahaan yang menjelaskan berbagai hubungan dan indikator keuangan yang ditunjukkan untuk menunjukkan perubahan dalam kondisi keuangan atau prestasi operasi di masa lalu dan membantu menggambarkan trend pola perubahan tersebut, untuk kemudian menunjukkan risiko dan peluang yang melekat pada perusahaan yang bersangkutan. Rumusan penelitian ini apakah terdapat pengaruh parsial dan simultan antara analisis kinerja keuangan dengan return saham syariah? Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh analisis kinerja keuangan perusahaan terhadap Rate Of Return (ROR) saham pada perusahaan yang tergabung dalam Jakrata Islamic Index. Penelitian ini menggunakan 4 variabel independen yaitu Raturn On Invesment (ROI), Operating Cash Flow (OCF), Net Profit Margin (NPM) dan Economic Value Added (EVA). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji f sebagai pembanding. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan dibatasi pada 30 perusahaan yang tergabung di Jakarta Islamic Index dalam kurun waktu penelitian tahun 2017-2019. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 17 perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:18
Last Modified: 14 Sep 2021 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15680

Actions (login required)

View Item View Item