UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS XI DI SMK NEGERI 1 KALIANDA

NURMA, NOVITA (2021) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS XI DI SMK NEGERI 1 KALIANDA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of CVR BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NURMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan muculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Dalam proses pembelajaran, jika seorang peserta didik tidak memiliki motivasi yang baik, maka akan sulit untuk dapat mencapai tujuan dari pembelajaran. Hasil belajar akan optimal jika peserta didik memiliki motivasi dalam belajar, semakin tepat motivasi yang diberikan, maka akan semakin berhasil pula proses pembelajaran itu. Motivasi belajar yang rendah masih terdapat pada peserta didik kelas XI diSMK Negeri 1 Kalianda. Tujuan peneliti ini yakni untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan guru BK untuk meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran daring di SMK Negeri 1 Kalianda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dilakukan terhadap peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Kalianda yang mengalami motivasi belajar rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan melibatkan 2 guru bimbingan konseling SMK Negeri 1 Kalianda. Dalam hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru BK untuk meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran daring guru BK menggunakan konseling individu melalui Home Visit benar adanya dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan konseling individu melalui home visit dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan sudah ada peningkatan setelah diberikan treatment dan guru bk terus memantau absen. Kata kunci: konseling individu, motivasi belajar. iiABSTRAK Motivation is a change in energy in a person which is characterized by the emergence of "feeling" and is preceded by a response to the existence of a goal. In the learning process, if a student does not have good motivation, it will be difficult to achieve the goals of learning. Learning outcomes will be optimal if students have motivation in learning, the more precise the motivation given, the more successful the learning process will be. Low learning motivation is still found in class XI students at SMK Negeri 1 Kalianda. The purpose of this study was to find out what efforts were made by BK teachers to increase learning motivation in online learning at SMK Negeri 1 Kalianda. This study uses a qualitative approach to class XI students of SMK Negeri 1 Kalianda who experience low learning motivation. The method used in this study is a qualitative descriptive method in which data were collected through observation, interviews and documentation by involving 1 counseling teacher at SMK Negeri 1 Kalianda. The results of the study indicate that the efforts made by BK teachers to increase learning motivation in online learning by BK teachers using individual counseling through Home Visits can actually increase students' learning motivation. From the results of this study, it can be concluded that the implementation of individual counseling services through home visits can increase students' learning motivation and there has been an increase after being given treatment and the BK teacher continues to monitor absenteeism. Kata kunci: individual counseling, learning motivation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2021 05:10
Last Modified: 13 Sep 2021 05:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15678

Actions (login required)

View Item View Item