MUHAMMAD, HASYIM AL QURTUBI (2021) PEMBELAJARAN LESSON STUDY DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI PADA TINGKAT SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran Lesson Study dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI pada tingkat SMA oleh MUHAMMAD HASYIM AL QURTUBI Pembelajaran Lesson Study dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI pada tingkat SMA merupakan suatu penelitian yang berusaha mengkaji hubungan yang berkaitan tentang kegiatan pembinaan guru dalam mengembangkan kemampuan guru atau kompetensi guru khususnya guru mata pelajaran PAI dalam usaha- usaha mendidikkan Agama Islam pada tingkat SMA dengan tujuan mendorong para guru untuk dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam pengelolaan proses pembelajaran untuk memungkinkan proses pembelajaran dapat terjadi secara efektif dan efisien dan memungkinkan agar terjadi proses belajar pada peserta didik sehingga menghasilkan peserta didik bermutu belajar yang tinggi. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan-tahapan pembelajaran lesson study dalam proses pembelajaran PAI pada tingkat SMA dengan menggambarkan secara sistematis dan relevansinya dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI dan kompetensi guru. Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka (library research) yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan objek sesuai apa adanya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi sebagai alat pengumpulan datanya. teknik analisis datanya menggunakan metode analisis isi (content analysis) ditunjukkan untuk mengerjakan kesimpulan dengan cara mengidentifikasi isi pesan pada suatu buku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran lesson study terdapat tiga tahapan yaitu tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do) dan refleksi (see). secara keseluruhan pembelajaran Lesson Study memiliki relevansi sebagai salah satu model pembinaan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI, dalam lesson study terdapat sejumlah indikator yang dapat meningkatkan kompetensi guru dan meningkatkan proses pembelajaran, motivasi dan aktivitas peserta didik dalam PBM (proses belajar mengajar). Di antara indikator-indikator tersebut antara lain, pengembangan lesson study dilakukan dan di dasarkan ―sharing‖ pengetahuan profesional para guru yang terlibat dan penekanan yang mendasar pada lesson study adalah agar para peserta didik memiliki mutu belajar yang tinggi. Kata kunci : lesson study, mutu pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 04:15 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 04:15 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15672 |
Actions (login required)
View Item |