TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG DISTRIBUSI DANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) (Studi Di Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan)

FITRIYANA, NURMILA S (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG DISTRIBUSI DANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) (Studi Di Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FITTRIYANA NURMILASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan (PKH). Bahwa dijelaskan bantuan Program Keluarga Harapan hanya dapat diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu atau miskin. Namun pada kenyataanya bantuan Program Keluarga Harapan juga diberikan kepada masyarakat yang mampu atau kaya. Dan juga dana bantuan PKH tersebut oleh masyarakat dislahgunakan. Oleh sebab itu, hal tersebut tidak sesuai dengan tujuan PKH. Sedangkan dalam Ekonomi Islam menghendaki agar suatu barang dapat didistribusikan kepada pihak-pihak yang berhak menerimanya. Apabila terjadi ketidakadilan dan ketdakmerataan distribusi kekayaan, maka akan timbuk konflik antara masyarakat dan akan menimbulkan kecemburuan sosial antar masyarakat tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana distribusi dana Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan dan bagaimana distribusi dana menurut pandangan hukum Islam tentang Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem distribusi dana Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan dan bagaimana sistem distribusi dana menurut pandangan hukum Islam dan hukum positif Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yaitu metode penelitian yang merupakan salah satu metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penulis menggunakan metode random sampling, yakni 10% dari objek penelitian atau populasi. Metode pengumpulan data primer melalui wawancara dan observasi dan pengumpulan data sekunder. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa distribusi dana Program Keluarga Harapan (PKH) yang terjadi di Desa Karang Anyar distribusinya tidak tepat sasaran dikarenakan data PKH ii menggunakan data yang lama. Ditinjau dari Hukum Islam bahwa distribusi dana PKH tidak sejalan dengan prinsip keadilan dalam distribusi Islam karena masih adanya masyarakat yang tergolong mampu mendapatkan bantuan PKH tersebut. Distribusi dana PKH penyaluran dananya melalui rekening peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), besar bantuan yang diberikan komponen PKH berbeda-beda. Bantuan dana PKH disalurkan dalam 1 tahun dalam 3 bulan atau 4 bulan, penyaluran bantuan PKH tersebut hanya diberikan kepada masyarakat miskin saja. Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 11 Tahun 2018 tentang penyaluran bantuan PKH, dimana masih adanya masyarakat yang tergolong mampu juga mendapatkan bantuan tersebut, berarti penyaluran bantuan PKH tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 11 Tahun 2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:37
Last Modified: 13 Sep 2021 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15666

Actions (login required)

View Item View Item