PENGEMBANGAN BUKU SAKU NUANSA KARTUN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD/MI

FARRAH, JIHAN NABILLA (2021) PENGEMBANGAN BUKU SAKU NUANSA KARTUN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FARRAH JIHAN NABILLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berupa Buku Saku Pembelajaran (IPA) Ilmu Pengetahuan Alam, dengan menggunakan buku saku dapat memperoleh informasi tanpa banyak membuang waktu dan bisa dibawa kemana-mana agar tercapai pembelajaran yang efektif, efisien dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengembangan buku saku untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD/MI (2) mengetahui kelayakan buku saku pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menurut ahli bahasa, ahli media dan ahli materi (3) mengetahui respon peserta didik terhadap buku saku pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD/MI. Penelitian ini merupakan Metode Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), and Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas enam di MIN 3 Bandar Lampung dan peserta didik kelas enam di SDN 5 Jatimulyo Lampung Selatan. Data dari penelitian ini diperoleh dengan wawancara, observasi dan juga dokumentasi Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli media, materi, dan bahasa pada buku saku pembelajaran IPA termasuk dalam kategori sangat layak. Pada uji coba skala kecil di MIN 3 Bandar Lampung dengan peserta didik sebanyak 10 orang memperoleh presentase rata-rata 90,8% dengan skor 409 dan skor maksimal 450. Pada uji coba lapangan skala besar di SDN 5 Jatimulyo Lampung Selatan yang diikuti oleh 20 peserta didik diperoleh presentase rata-rata 93% dengan skor 837 dan skor maksimal 900. Berdasarkan angket respon yang telah diisi oleh peserta didik, hasil ini menempatkan buku saku pada kriteria sangat menarik dan layak dijadikan media pembelajaran. Kata Kunci: Media Buku Saku Pembelajaran IPA, ADDIE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:42
Last Modified: 10 Sep 2021 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15653

Actions (login required)

View Item View Item