IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA GURU DI MADRASAH ALIYAH NURUL HUDA RUKTI ENDAH KEC. SEPUTIH RAMAN KAB. LAMPUNG TENGAH

Usania, Siti Ana Asma (2017) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA GURU DI MADRASAH ALIYAH NURUL HUDA RUKTI ENDAH KEC. SEPUTIH RAMAN KAB. LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_Usania.pdf]
Preview
PDF
Download (63MB) | Preview

Abstract

Madrasah Aliyah Nurul Huda Rukti Endah Kec. Seputih Raman Kab. Lampung Tengah dalam upaya mengembangkan sumber daya guru kepala sekolah selalu memperhatikan, mengupayakan, memberikan dorongan dan arahan tentang pentingnya mengembangankan kompetensi yang dimiliki sebagai guru. Ketentuan ini pun sudah tertera didalam Undang-undang tentang pentingnya pengembangan guru, seperti halnya pengembangan pada kualifikasi guru, sertifikasi, pelatihan, supervisi pendidik dan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen sumber daya guru di Madrasah Aliyah Nurul Huda Rukti Endah Kec. Seputih Raman Kab. Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan model penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunaan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian lapangan menunjukkan pelaksanaan pengembangan sumber daya guru di Madrasah Aliyah Nurul Huda Rukti Endah Kec. Seputih Raman Kab. Lampung Tengah sudah dilaksanakan dengan cukup baik dilihat dari tujuh program pengembangan guru yang mesti dilakukan dalam mengembangkan kompetensi guru yakni: kualifikasi, sertifikasi, pelatihan, supervisi, MGMP, simposium dan penelitian. Pengembangan sumber daya guru diawali dari peningkatan kualifikasi bagi guru yang belum memiliki kualifikasi, lalu sertifikasi sebagai bentuk pengakuan terhadap profesionalisme guru. Pelatihan yang diikuti dalam bentuk pendidikan dan pelatihan, dan juga workshop. Supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sebagai bentuk pembinaan terhadap kinerja guru. MGMP yang dilaksanakan dalam bentuk suatu forum diskusi dari berbagai lembaga pendidikan. Kemudian simposium yang pelaksanaannya seperti halnya pelatihan yang terakhir adalah pelatihan yang dilaksanakan dalam bentuk observasi dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 09 Oct 2017 01:32
Last Modified: 09 Oct 2017 01:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item View Item