PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MATA PELAJARAN IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII

NELIS, LAILI ROSYIDAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MATA PELAJARAN IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL NELIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MATA PELAJARAN IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII OLEH NELIS LAILI ROSYIDAH Keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik di MTs Al- Ittihadiyah Mekarsari Lampung Selatan masih rendah yang diketahui melalui nilai peserta didik yang disebabkan oleh proses pembelajaran di kelas masih tertuju pada pendidik, sehingga tidak terjadi timbal balik dengan peserta didik dan peserta didik belum diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi keterampilan proses sain dan sikap ilmiahnya. Kemudian keterampilan proses sains dan sikap ilmiah belum pernah diukur dan ditingkatkan. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains serta sikap ilmiah peserta didik. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Predict Observe Explain (POE). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Mekarsari Lampung Selatan. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 2 kelas yang dipilih berdasarkan teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk essay untuk mengukur keterampilan proses sains dan untuk mengukur sikap ilmiah menggunakan lembar angket skala sikap ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji MANOVA. Berdasarkan analisis data menggunakan MANOVA, ditemukan hasil penelitian sebagai berikut. Model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains (F = 143.397 sig.<0,05) dan sikap ilmiah (F = 240.352 sig.<0,05) peserta didik kelas VIII pada materi sistem peredaran darah manusia di MTs Al-Ittihadiyah Mekarsari Lampung Selatan. Kata Kunci: Predict Observe Explain (POE), Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:16
Last Modified: 09 Sep 2021 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15640

Actions (login required)

View Item View Item