KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT A. MALIK FADJAR DAN RELEVANSINYA DENGAN ORIENTASI PENDIDIKAN MASA KINI

Nurma, Budi Utami (2021) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT A. MALIK FADJAR DAN RELEVANSINYA DENGAN ORIENTASI PENDIDIKAN MASA KINI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI NURMA BUDI UTAMI..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan pembelajaran yang dilakukan pendidik ke peserta didik untuk mencapai tujuannya. Pendidikan mengarahkan manusia menjadi manusia yang berakal sehat. Pendidikan Islam adalah sistem pendidikan yang berlandaskan ajaran agama Islam yaitu proses untuk menghasilkan perubahan individu ke arah yang lebih baik juga berkualitas. Tujuan pendidikan Islam dapat berorientasi ukhrawi dan duniawi. Maka, Pendidikan Islam bisa membentuk manusia menjadi hamba yang taat kepada Allah dan manusia yang mampu menghadapi segala macam persoalan dalam kehidupan dunia, dan berpedoman pada sumber pendidikan Islam yaitu Al-Quran dan Al-Sunnah. Prof. Drs. H. A. Malik Fadjar, Msc. lahir di yogyakarta, 22 Februari 1939. Pak A. Malik Fadjar meninggal dunia pada 7 september 2020. Pemikiran A. Malik Fadjar secara umum menunjukkan pada pemikiran pendidikan islam yang harus menunjukkan perubahan mendasar dan perkembangan pada sistem pendidikan Islam untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas. Menurut A. Malik Fadjar, dalam pembelajaran, pendidik harus mengakui sifat kemerdekaan dan individualistis peserta didik, karena cara tersebut, kemandirian peserta didik dalam berpikir dan bertindak akan tumbuh. Pendidikan pada anak dianjurkan untuk bersifat kritis dan mampu mengkritisi ajaran-ajaran yang disampaikan kepadanya. Metode pembelajarannya menggunakan cara yang mudah dan praktis untuk mencapai tujuan dari proses pembelajaran. Menggunakan cara metode yang tepat, maka seorang pendidik akan sukses dalam tugasnya. Pembelajaran dalam Islam, memiliki metode yang bervariatif diantaranya yaitu metode praktek dan metode nasehat. Untuk mengetahui apakah hasil belajar yang dicapai telah sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, diperlukan evaluasi belajar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian library research, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut A. Malik Fadjar dan relevansinya dengan orientasi pendidikan masa kini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam menurut A. Malik Fadjar dan relevansinya dengan orientasi pendidikan masa kini adalah pembelajaran yang menggunakan sistem pendidikan Islam dalam Metode pembelajaran, Model belajar, Kreativitas, Bersifat Krisis, Bebas berekspresi dengan orientasi pendidikan masa kini, yang mempelajari ilmu pengetahuan dunia dan akhirat. Demikian, konsep pendidikan Islam dengan orientasi pendidikan masa kini yang saling berkaitan dapat membuat pendidikan Islam semakin maju, berkualitas dan tidak terlupakan pada seiringnya zaman berkembang. Kunci: Pendidikan Islam, pendidikan masa kini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:58
Last Modified: 09 Sep 2021 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15638

Actions (login required)

View Item View Item