ANALISIS PENGEMBANGAN PARIWISATA BAHARI DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Wisata Pantai Pengubaian Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu)

TINTA, LIA (2021) ANALISIS PENGEMBANGAN PARIWISATA BAHARI DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Wisata Pantai Pengubaian Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI TINTA LIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pariwisata bahari merupakan salah satu potensi sumber daya alam yang dimiliki untuk mendapatkan sumber pandapatan bagi pemerintah maupun masyarakat sekitar. Pengembangan pariwisata sendiri harus dilakukan oleh dukungan pemerintah, sektor swasta dan masyarakat sendiri.keberadaan pariwisata sangatlah urgen dalam kehidupan ini. Bahkan tidaklah salah jika dikatakan pariwisata juga merupakan kebutuhan bagi banyak pihak, terutama di era moderen saat ini sehingga perlu dikelola secara profesional. dengan adanya pengembangan pariwisata diharapkan dapat memberikan kontabusinya terhadap pendapatan masyarakat yang bekerja disekitar wisata dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakan dengan memulai beberapa usaha di sekitar wisata. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengembangan pariwisata bahari dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.? Bagaimana tinjauan ekonomi Islam dalam pengembangan pariwisata bahari untuk meningkatkan perekonomian masyarakta.? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengembangan pariwisata bahari dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam dalam pengembangan pariwisata bahari untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, sumber data yang digunakan adalah data primer yang di ambil langsung dari objek penelitian dan data sekunder dari buku-buku dan sumber hukum lainnya. Adapun teknik pengumpulann data yang digunakan penulis adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. dan hasil data yang telah dikumpulan dianalisi dengan analisi kualitatif. berdasarkan hasil dari penelitian pengembangan pariwisata pantai pengubaian memiliki kontrabusinya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. pendapatan masyarakat diperoleh dari berbagai usaha dan jasa sewa yang ditawarkan masyarakat kepada wisatawan, sehingga dengan adanya pengembangan pariwisata bahari dapat memberikan peluang pekerjaan bagi masyarakat. berdasarkan dari perspektif ekonomi islam pengembangan pariwisata bahari di desa pengubaian sudah sesuai dengan teori ekonomi islam, dengan memanfaatkan sumber daya alam tanpa merusak disekelilingnya dan memberikan tempat dan pelayanan sesuai dengan wisata halal baik makanan minuman dan fasilitas lainnya, pendapatan masyarakat yang dapat membantu perekonomian masyarakat juga sudah sesuai dengan tuntunan syariat dengan cara memberikan sewa ( ijarah) dan berjualan. Yang tidak melanggar nilai-nilai ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:11
Last Modified: 09 Sep 2021 02:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15637

Actions (login required)

View Item View Item