PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI BILANGAN PECAHAN BERDASARKAN STANDAR PROSES NATIONAL COUNCIL OF TEACHERS OF MATHEMATICS (NCTM) DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN INTAN LAMPUNG PADA PESERTA DIDIK KELAS VII

SITI, NURAINI (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI BILANGAN PECAHAN BERDASARKAN STANDAR PROSES NATIONAL COUNCIL OF TEACHERS OF MATHEMATICS (NCTM) DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN INTAN LAMPUNG PADA PESERTA DIDIK KELAS VII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI BILANGAN PECAHAN BERDASARKAN STANDAR PROSES NATIONAL COUNCIL OF TEACHERS OF MATHEMATICS (NCTM) DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN INTAN LAMPUNG PADA PESERTA DIDIK KELAS VII Oleh: Siti Nuraini Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pembelajaran matematika pada materi bilangan pecahan berdasarkan standar proses National Council Of Teachers Of Mathematics (NCTM) dengan pendekatan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung pada peserta didik kelas VII dan melihat keefektifan LKPD yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Unggulan Qur’an Dayamurni. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi, angket respon peserta didik, serta tes hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis kelayakan, kemenarikan, dan keefektifan. LKPD pembelajaran yang dihasilkan memperoleh nilai rata-rata dari ahli materi yaitu 82% dan nilai rata-rata dari ahli media yaitu 82% dengan masing-masing kriteria “Sangat Layak”. Respon peserta didik tentang kemenarikan produk memperoleh nilai rata-rata dari uji coba kelompok kecil yaitu 71% dan nilai rata-rata dari uji coba lapangan yaitu 75% dengan masing-masing kriteria “Menarik”. Hasil Uji Effect Size pada soal pretest dan posttest memperoleh hasil 0,59 termasuk kategori “Sedang”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD tersebut layak, menarik dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Standar Proses National Council Of Teachers Of Mathematics (NCTM), Pendekatan Lingkungan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:31
Last Modified: 08 Sep 2021 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15636

Actions (login required)

View Item View Item