PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SAINTIFIK

YULISTIANA, Jahir Ismail (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SAINTIFIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YULISTIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SAINTIFIK Oleh YULISTIANA Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan modul pembelajaran matematika pada materi lingkaran berbasis saintifik. 2) Mengetahui kualitas modul pembelajaran matematika pada materi lingkaran berbasis saintifik ditinjau dari kevalidan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan prduk, berupa modul yang dikembangkan dengan berbasis saintifik pada materi lingkaran untuk SMPatau Mts kelas VIII. Dalam pengembangan modul ini peneliti mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap (Define, Design, Development, dan Disseminate) yaitu: (1) Define yang meliputi observasi langsung pada siswa di lapangan, (2) Design yang meliputi penyusunan modul dari aspek isi, bahasa, saintifik yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, (3) Development yang meliputi tahap pembaharuan produk awal yang telah diselesaikan dan kemudian diperbaiki, (4) Disseminate ialah tahap penggunaan prduk yang telah diperbaiki kemudian disebarluaskan ke lapangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 2 Bandar Lampung, dosen dan pendidik. Instrumen yang digunakan lembar evaluasi modul, angket respon peserta didik serta tes tertulis pretest dan postest oleh siswa. Validasi modul dari dua ahli yaitu dosen dan guru ahli materi, dosen dan guru ahli media, serta diperoleh rata-rata skr aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian,dan penilaian saintifik dengan kriteria “sangat baik”. Modul yang disusun mempunyai kualitas valid dengan nilai rata-rata 3,26 berdasarkan penilaian dosen dan guru ahli materi, dan 3,62 berdasarkan penilaian dari dosen dan guru ahli media, berdasarkan hasil angket respon siswa dan hasil evaluasi oleh ahli iimateri dan ahli media, efektif dengan ketuntasan hasil belajar yang sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis saintifik ini berhasil dikembangkan manjadi bahan ajar yang lebih baik karena telah disusun sesuai dengan kebutuhan siswa dan mampu memberikan kebermanfaatan bagi pembelajaran. Kata kunci : Modul Pembelajaran Matematika, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:23
Last Modified: 08 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15635

Actions (login required)

View Item View Item