PENERAPAN SISTEM ABSENSI FINGER PRINT TERHADAP DISIPLIN KERJA TENAGA KONTRAK HONORER DI DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PERMUKIMAN, DAN CIPTA KARYA PROVINSI LAMPUNG

SITI, SARA EVANIA PUTRI (2021) PENERAPAN SISTEM ABSENSI FINGER PRINT TERHADAP DISIPLIN KERJA TENAGA KONTRAK HONORER DI DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PERMUKIMAN, DAN CIPTA KARYA PROVINSI LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Salin2-FIX SKRIPSI SRH REVISI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN SISTEM ABSENSI FINGER PRINT TERHADAP DISIPLIN KERJA TENAGA KONTRAK HONORER DI DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PERMUKIMAN, DAN CIPTA KARYA PROVINSI LAMPUNG Oleh: Siti Sara Evania Putri Di dalam sebuah instansi pemerintahan, salah satu faktor terpenting ialah kedisiplinan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan adalah dengan memonitoring absensi kehadiran pegawai. Saat ini banyak instansi yang telah melakukan sistem yang lebih modern dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai, yaitu sudah mulai menggunakan alat Finger Print. Mesin absensi sidik jari (Finger Print) adalah mesin absensi yang menggunakan sidik jari, dimana sidik jari tiap orang memiliki bentuk yang berbeda-beda oleh karena itu mesin tersebut otomatis tidak dapat dimanipulasi.1 Penerapan sistem absensi Finger Print di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya Provinsi Lampung diterapkan sejak tahun 2019. Beberapa kendala dalam penggunaan absensi Finger Print adalah verifikasi sidik jari yang dilakukan oleh pegawai terkadang tidak terekam oleh mesin Finger Print sehingga pegawai dianggap tidak hadir, selain itu terjadi manipulative via buddy puching (teman sekerja yang memanipulasi sidik jari kehadiran), dan ketidakakuratan pencatatan waktu kerja pegawai. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di peroleh di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sehingga, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Sistem Absensi Finger Print dalam meningkatkan Disiplin Kerja Tenaga Kontrak/Honorer di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya Provinsi Lampung belum berjalan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:15
Last Modified: 08 Sep 2021 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15634

Actions (login required)

View Item View Item