PENGARUH MODE EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS VII PADA PELAJARAN IPA DI SMPN 2 BANGUN REJO LAMPUNG TENGAH

CITRA, NOVENTA SARI (2021) PENGARUH MODE EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS VII PADA PELAJARAN IPA DI SMPN 2 BANGUN REJO LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS VII PADA PELAJARAN IPA DI SMP N 2 BANGUN REJO LAMPUNG TENGAH Oleh : CITRA NOVENTA SARI Experiential Learning merupakan model pembelajaran yang menuntut aktivitas, dalam keterlibatan peserta didik dalam kegiatan konkret yang membuat peserta didik mampu untuk mengalami apa yang tengah mereka pelajari dan kesempatan untuk merefleksikan kegiatan tersebut. Selain itu keterampilan proses sains merupakan kompentensi yang harus dicapai peserta didik dan sikap ilmiah dibutuhkan dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik masih rendah. Hal ini dikarenakan pendidik masih menjadi pusat mendapatkan informasi dalm proses pembelajaran. Model pembelajaran Experiential Learning merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik. Penetilian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Experiential Learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VII dan pengaruh Experiential Learning terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas VII di SMP N 2 Bangun Rejo Lampung Tengah. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model Experiential Learning terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas VII. Hasil uji coba hipotesis menunjukkan secara individual model Experiential Learning mempengaruhi keterampilan proses sains karena angka signifikansi menunjukan kurang dari 0,05 yaitu 0,000 dandengan perbandingan Fhitung > Ftabel 9819 yaitu 31,048 > 3,9819 . pada sikap ilmiah angka signifikansi 0,000 < 0,05 dngan perbandingan Fhitung > Ftabel 8,275 > 3,9819 . angka signifikansi 0,000 dimana 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpilkan sacara bersamaan model Experiential Learning mempengaruhi keterampilan proses sains dan sikap ilmiah. Keterampilan proses sains sains dan sikap ilmiah peserta didik yang menggunakan model Experiential Learning lebih baik dibandikan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvesional. Kata kunci : Experiential Learning, Keterampilan Proses Sains, Dan Sikap Ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:03
Last Modified: 08 Sep 2021 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15632

Actions (login required)

View Item View Item