PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA

ADELA, PUSPITA (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADELA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis dalam pembelajaran matematika perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang peserta didik dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) melalui Pendekatan Student Active Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep dan angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji Anova Dua Jalur. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) melalui Pendekatan Student Active Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi Peluang. Tidak terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi Peluang. Tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) melalui Pendekatan Student Active Learning dengan kategori minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi Peluang. Kata Kunci: Model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) melalui Pendekatan Student Active Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Minat belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:15
Last Modified: 08 Sep 2021 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15624

Actions (login required)

View Item View Item